Analisa Potensi Timor Leste untuk menjadi negara maju

Bila kita menganalisa kemungkinan untuk menjadi negara adidaya atau negara super-power mungkin secara realitas sulit untuk proses menuju kesana. Karena Timor Leste baru menjadi negara merdeka belum genap sepuluh tahun, artinya masih banyak hal yang harus dibenahi dulu serta meningkatkan pembangunan di berbagai aspek supaya kestabilan politik ekonomi dan sosial bisa tercapai, apabila keadaan nasional Timor Leste sudah kondusif maka, Timor Leste bisa berusaha untuk bisa setara dengan negara-negara tetangganya dahulu dengan jalan kerjasama baik bilateral maupun multilaretal. Hal ini penting, karena semua negara tidak bisa berdiri sendiri apalagi Timor Leste yang merupakan negara baru, harus bisa membangun hubungan untuk memenuhi kepentingan nasional yang tidak bisa terpenuhi di dalam negeri.

Potensi yang ada di Timor Leste yang bisa menjadi patokan atau framework antara lain ideologinya yang berupa demokrasi hal ini menjadi potensi karena negara-negara besar sebagian besar pendukung ideologi ini, dengan adanya kesamaan otomatis hubungan kerjasama dengan negara besar bisa lebih lancar. Hal lainnya adalah sumber daya alam yang dimiliki Timor Leste yang kaya dan terkenal dengan aneka hasil tambangnya seperti Timor Gap. Selain digunakan untuk memperoleh devisa negara dari hasil bumi untuk menunjang pembangunan, hal Ini bisa menjadi modal tawar menawar dengan negara lain untuk memberikan bantuan kepada Timor Leste dalam berbagai bentuk.

Bila kita bandingkan dengan negara tetangga. Timor Leste merupakan negara yang paling terbelakang dalam hal pembangunan, tetapi hal ini dikarenakan masih barunya Timor Leste untuk bisa menentukan sendiri pembangunan dan perkembangannya, dan banyaknya konflik yang terjadi, menghalangi pembangunan yang sedang dijalankan. Tetapi apabila Timor Leste bisa memanfaatkan potensi yang dimilikinya dan dengan bantuan negara lain khususnya Australia, Portugal dan Indonesia bukan tidak mungkin perkembangan Timor Leste bisa lebih baik dari negara-negara di Pasifik Selatan ataupun juga negara negara di Asia Tenggara. Karena bila dibandingkan dengan potensi yang dimiliki dengan negara di Pasifik Selatan seperti Kepulauan Solomon, Vanuatu, Tuvalu dan yang lainnya. Timor Leste lebih mempunyai potensi yang lebih baik baik dilihat dari sumber daya atau kepercayaan internasional khususnya negara maju dalam kerjasama internasional. yang diakibatkan dari keprihatinan negara lain terhadap apa yang dialami oleh Timor Leste selama masuk dalam negara Indonesia.

Bila dibandingkan dengan negara di kawasan lain kita bisa bandingkan dengan negara Montenegro atau Kosovo yang baru merdeka bahkan lebih muda dari Timor Leste, mungkin Timor Leste masih tertinggal dengan kedua negara ini, tetapi bila kita analisa adalah perbedaan dari negara induk atau negara yang sebelumnya bersatu dengan mereka. Montenegro dan Kosovo terpisah dari negara Serbia. Satu hal yang sama bahwa banyak konflik terjadi di saat mereka masuk dalam negara Serbia ataupun Serbia Montenegro, tetapi karena bantuan pihak lain khususnya organisasi internasional, yang membantu mereka untuk menjadi negara sendiri setelah mereka merdeka ataupun waktu masih dalam negara Serbia. Serbia merupakan negara Eropa yang pembangunannya lebih baik dari Indonesia apalagi banyak peranan Uni Eropa yang membantu pembangunan Serbia pasca pemerintahan Milosevic. Sedangkan selama dalam negara Indonesia, Timor Leste merasa termarginalisasi dan teranak tirikan, potensi yang ada di Timor Leste tidak bisa di manfaatkan pemerintahan Indonesia untuk pembangunan di Timor Leste sendiri, apalagi dengan adanya Daerah Operasi Militer menyebabkan banyaknya konflik di wilayah tersebut. Sehingga setelah merdeka Timor Leste merasa kesulitan untuk bisa maju terlepas dari Indonesia sehingga memerlukan bantuan dari negara lain.

Tahap-tahap yang bisa dilakukan Timor-Leste untuk bisa setidaknya menjadi negara maju dikawasannya, adalah pertama dengan benar-benar memanfaatkan sumberdaya yang dimilikinya untuk pembangunan dalam negeri, walaupun ada bantuan dari pihak asing hendaknya diperhatikan dulu bentuk kerjasamanya jangan sampai pihak asing malah mengeruk sumber daya yang ada tanpa ada manfaat besar yang di terima oleh rakyat Timor Leste. Yang kedua, bisa lebih membangun hubungan baik dengan negara-negara dikawasan khususnya negara tetangga dan negara-negara maju di kawasan lainnya, ini dimaksudkan supaya potensi yang ada bisa di bisa dimanfaatkan secara global yang akan menguntungkan Timor Leste sendiri. Yang ketiga, mengatasi permasalahan konflik di dalam negeri supaya keadaan nasional Timor Leste bisa lebih kondusif dan stabil sehingga investor bisa mendapatkan kepercayaan untuk menanam investasinya di Timor Leste. Yang keempat, Timor Leste harus bisa berperan didalam sistem internasional baik itu aktif dalam berbagai organisasi internasional ataupun forum-forum komunikasi internasional dalam pemecahan masalah-masalah global, hal ini untuk memperlihatkan eksistensi Timor Leste sebagai negara yang aktif di kancah dunia. Dengan tahap-tahap tersebut diharapkan Timor Leste bisa lebih maju di tahun-tahun berikutnya.

280 Komentar

  1. Meskipun Timor Leste menjadi negara terbelakang di segi pendidikan, pembangunan dan termiskin di segi ekonomi itu merupakan satu kewajiban Timor Leste yang harus ditempuh. dalam menjalankan kewajiban tersebut Timor Leste harus bekerja dan bekerja keras entah di bidang apapun.
    perlu kita pelajari dari negara Jepang, setelah diratakan oleh AS pada PD II Jepang harus membangun kembali dari nol. Sekarang Jepang menjadi salah satu negara termaju di dunia. dengan kunci “Kerja Keras”

    • saya setuju dengan kometar anda…..yang jelas timor leste baru merdeka dan merupakan bayi yang baru lahir…..selain itu timor leste harus menjalankan kewajibannya sebagai negara yang baru meredeka denga melalui kerja keras untuk memajukan tanah airnya….

      • Untuk saudaraku di Timor Leste, kalian memang sepatutnya bangga menjadi rakyat timor leste yg mempunyai kekayaan alam yg menakjubkan, saya masyarakat indonesia yg bergerak dalam sektor usaha sangat ingin membantu mengembangkan dan membangun timor leste sebagai bentuk usaha bersama dalam bisnis. Kita bisa kembangkan sektor pembangunan infrastruktur dan pertambangan, kita jadikan timor leste mempunyai kemampuan super dalam ekonomi dan bisa memiliki bargaining power dalam hal mengambil kebijakan atau kerja sama dengan negara lain. Saya akan membantu memasukan investor dari negara-negara di eropa atau asia untuk ber investasi di negara muda timor leste dan mengembangkan potensi daerah timor leste bersama masyarakat timor leste sehingga tercapai perbaikan ekonomi bahkan mungkin akan menjadi contoh bagi negara-negara tetangganya termasuk indonesia. Majulah Dan Jaya selalu TIMOR LESTE “LOROSAE”.

      • Jika Ekonomi Timor Leste Maju maka Perlu kita tingkatkan atau kita lihat bersama dan perlu kesdaran kita semua……

      • setuju dgn komen saudara

      • Saya sangat mengapresiasi pemikiran Mr.Yanoko. Ide dan pemikiran anda sungguh brilian dalam membantu mengembangkan Negara kami. Iya, memang betul pembangunan di Timor-Leste salah satu nya berada ditangan para investor yang akan menanamkan modalnya di Timor-Leste. So pintu terbuka luas bagi para investor asing yang ingin menanamkan modalnya disini. Asalkan pembangunan yang mengutamakan kualitas serta penyediaan lapangan kerja yang luas dan memadai bagi warga Timor-Leste. Terima kasih Mr.Yanoko. GBU

    • Untuk membangun Timor Leste di masa akan datang tentu harus lupakan masa lalu yang mungkin sangat memiluhkan. Membangun suatu negara tentu semua masyarakat harus membangun dirinya sendiri. Sekalipun dilihat dari kaca mata dunia TImor Leste masih jauh tertinggal dari negara-negara lain. Namun ada kemauan generasi muda ingin mau maju tidaklah mustahil Timor Leste akan maju dan sejajar dengan negara di kawasan Asean. Janganalah kita hanya membandingkan dengan negara Jepang karena budaya masyarakat Jepang sudah tertanam kerja keras bahkan kerja keras adalah budayanya. Sebelum negera Jepang diluluhlantahkan oleh bom atom Amerika namun sudah lama menjadi negara maju di dunia. Marilah kita mau membangun Timor Leste tercinta, biarlah sekarang kita hifup dengan sederhana, memanfaatkan kesempatan di segala segi, misalnya pendidikan, teknologi, manfaatkan sumber daya alam dan membangun dengan kultur ada setempat, mengurangi hidup berhura-hura, hemat dalam keluarga dengan senidirnya negara hemat. Biarlah mulai hari ini anak-anak Timor Leste pergilah mencari ilmu di seluruh penjuru dunia, pelajari teknolgi maju, saya yakin Timor Leste walaupun tidak secepatnya lebih maju, lambat laun akan maju dan terus maju. Selamat berjuang.

      • Saya sangat setuju dengan komentar ini

      • trima ksih atas dukungannya dan kami generasi baru TIMOR akan berjuan..dan bekerja keras..

    • meskipun timor leste negara yang termiskin di erah cara apa yang kita lakukan untuk menperkengbamkan negara ini mak di fungsikan sektor ekonomi dan sektor pertanian sektor pertanian ini lebih penting bagi masa depan negri ini kalauh kita lihat dari segi ekonomi bahawa GNP GDP mak negara itu akan maju pembangunan akan maju. memperluaskan potensi-pontensi ekonomi adalah wisata supayia pendapatan negara makin bertambah. dan semua new prodak akan perputar di dalam nerga saja mak pertumbuan ekonomi juga berputar di dalam nerga mak inputnya semakin bertambaha.

    • bila dikaji lebih mendalam memang negara timor leste untuk sementara tergolong di bidang garis kemiskinan, karena semua itu di akibatkan oleh keadaan ekonomi yang mengalami depresi di akibatkan oleh dominansi orang asing yang melakukan aktivitas pemasaran di tritori timor leste, pertayaannya, bagaimana solusi pemerintah untuk meninjauh masa depan negri ini.

    • istilahkanlah seperti sebuah pribahasa” dimana ada kamauan di situ pasti ada jalan

      • ya memang betul jika kita berusaha pati ada jalan keluar untuk kita tetap semangat

    • Kayak gimanapun mengurus negeri kecil dengan penduduk hanya dibawah 2 juta pasti lebih mudah dari ngurusin 240 juta jiwa…. so untuk timor leste… maju terus bung !!

      Timtim Jadi negera merdeka pastinya lebih enak dunk dari pada jadi negeri terjajah…walaupun pada saat timtim jadi propinsi RI ke-27 sebetulnya mereka dijadikan anak emas . liat saja pembangunan fisik di timtim begitu diprioritaskan…orang2 nya juga dipriorotaskan mendapat pendidikan yg baik dngn cara dikirim ke jawa mendapat beasiwa dan fasilitas khusus lainnya..yeah tapi tetap harus maklum walaupun mereka homo sapiens sama kayak orang Indonesia ….tapi orang timtim saat itu rata-rata rada jongkok …. :) . Kenapa saaat itu pendidikan orang timtim agak dibawah? mungkin karena negara yg jajah mereka yaitu portugal juga negara miskin (untuk ukuran eropa tentunya)

      Tapi setelah sekian tahun merdeka …semoga timorleste makin maju
      Viva timor leste !

  2. Semoga Tuhan sebagai penunjuk jalan untuk membalas dengan kasih dan cinta dari semua derita dan tatantangan yang telah didapati oleh Masyarakat Timor Leste.

    • Timor Leste di tahun ini semakin mengalami banyak perubahan, adanya partisipasi dari berbagai macam elemen masyarakat khususnya dalam hal kesadaran untuk memelihara perdamaian dan persatuan membawa rakyat Timor Leste ke arah yang lebih maju lagi.

      • memang petul timor leste sekarang masuk ke dalam kampo de trapalho ba tl

  3. maju dari mana ?, dari belakang iya, celah timor yang katanya ada minyak biaya pengeborannya lebih mahal ketimbang harga minyak tsb, timor leste miskin sumber daya alam dan sumber daya manusia, satu2 nya jalan biar kalian sejajar dengan indonesia adalah menjilat pantat australia dan portugis

    • ingat bahwa timor leste tetap menghargai indonesia sebagai big brother jadi betapapun kekejaman yang di lakukan oleh TNI di Timor-leste masih aja tetap membangun good relationship dengannya. secara realitinya kami lemah secara ekonomi dan militer dan iya masih terbelakang tapi ingat timor leste lagi menata masa depan negara dan bangsanya jika nanti muncul sebagai suatu negara berkembang dan maju pasti akan sejajar dengan Indonesia dan di situlah era baru akan di hadapi bersama siapa yang memiliki bargaining position yang paling kuat dalam mewujudakan suatu dunia yang bebas dari tindakan biadab masa lalu yang tidak menghargai HAM atau dalam upaya membawa semua pihak yang terlibat dalam gross human right violation dalam sejarah.

      • ya semoga timor leste jaya selalu, berdirilah dengan kekuatan sendiri saya yakin pasti negara timor leste bisa,,asal jangan ada kepentingan politik aj di para pimpinannya,,,yang paling utama sejahterakan saudara2 kita yang di timor leste, walaupun beda negara kita masih tetap 1 jiwa, 1 sahabat , 1 setanah air ( walau itu dulu ),,,sukses selalu

      • Sdri Inacio Costa, kami di Indonesia masih tetap sayang TL. Kita saudara dekat, mari kita saling membantu. Mudah2an TL cepat maju dan sejahtera, salam.

    • Sadar atau tidak sebenarnya Indonesia adalah negara yang rakyatnya hidup dalam penjajahan orang indonesia sendiri dan miskin sekali…………… apakah karena jakarta yang penuh dengan sampah, pelacuran dikatakan maju……….. saya masih menilai Timor leste jauh lebih maju dari Indonesia, karena mereka memiliki moralnya jauh lebih tinggi dibanding orang indonesia, dan itulah menjadi dasar pembangunan untuk negara Maju kita lihat 15 Tahun mendatang Indonesia akan ketinggalan 1 langkah dibelakang timor leste….. karena indonesia suka membangun gedung-gedung tinggi tapi moralnya rendah dan penuh dengan terorisme……….. sedangkan timor leste bangsa yang diberkati oleh Allah…….

      • betul…TL berdiri itu semua karena Allah..krn kehendakNya..Allah punya rencana untuk Timor Leste..TL adalah bangsa yg diberkati jadi tdk usah takut..
        By. Akiliz

      • saya bangga negara timor leste 15 tahun akan datang lebih kemajuan dari pada indonesia,.indonesia nga bisa maju karena negara yang politikus koruptor… viva timor Leste….

      • Kalau menurut saya sebagian negara Indonesia di jadikan negara sendiri biar pembangunan merata, sekarang kenyataannya pembangunan hanya terpusat di Jakarta, indonsia timur khususnya ndak diperhatikan… jalan rusak, jaringan listrik susah, jaringan telekomunikasi susah… harga barang mahal. kalau berdiri sendiri menjadi negara kan ndak usah lagi mengharap dari pusat…. mereka bisa atur negaranya sendiri.

    • ia memang timor leste banyak kekayaan alam..cuman hanya faktor SDM nya yang kurang, lihat aja 20 tahun yang akan datang, timor leste akan maju lebih dari indonesia….ingat itu..

      • saya katan jangan ada anti suku tionghua seperti di tempat2 tertentu indo tdk akan kembang pesat saya pakai email teman karna takut

      • itu betul -se betulnya kaka .

    • semua negara didunia ini pasti pernah menjilat pantat negara lain, kalau ngak begitu darimana bantuan itu datang …saat ini banyak negara yang dibawah ketek amerika,,,termasuk itu tu…

    • maaf saudaraku yang terhormat, biarpun miskin tidak akan pernah menjilat pantat siapapun, Timor leste belum pernah ada warganya tidur dibawa kolom jembatan, mereka akan terus bekerja dan bekerja untuk membangun timor leste, sampai sekarang timor leste belum pernah utang luar negeri…..berdoa terus saudaraku biar negara anda maju terus….masyarakat jangan miskin….

      • YYYYYYaaaaaa ampun Salah sendiri memisahkan dari RI akhirnya MIskin tambahan.Apalagi pendapatan perkapita cuma segitu yaaa kalo di indinesia cuma bisa buat beli kerupuk men. apalagi rakyatnya banyak yang buta huruf pasti jadi makanan empuk Australia tu.

      • ya pantes warga Timtim gak ada yg tidur di kolong jembatan la wong jembatanya gak ada

    • setuju!nga ada yang maju tanpa harus dimulai dari nol. namax juga negara baru pasti butuh proses yang panjang asalkan ada niat untuk benar2 belajar. semoga saja masyarakat TL bisa belajar dan berjuang!!!!!!!!!!!!!!

      • Haaaah maju apaaan Preeeeet.era globalisasi sudah datang ada sumber daya alam kalo rakyat bodoh sama aja kaliii.tetep miskin.

    • banyak orang yang belum memahami apa itu forum diskusi, saya berada di brasil sekarang dan belajar disini, disini saya banyak melihat diskusi-diskusi dalam berbagai forum, tentunya dengan bahasa yang terpelajar. tapi banyak orang yang belum memahami etika dalam diskusi forum. maklum kita dengan latar belakang tingkat pendidikan yang berbeda.

    • kasih data donk. kalo biaya produksi lbih besar pmerintah TL nga nekat donk bawa pipe line kt TL. PErnyataan anda tendensius, dan seakan belom puas dengan keklahan masa silam. Tapi kita ngerti. Ini indikator kualitas orang indonesia.

    • @ husni , Saya malu sekali dengan komentar anda Timor Leste tetap saudara kita walaupun sudah menjadi negara sendiri, harusnya kita membantu saudara kita supaya bisa keluar dari kesulitan. Ingat tidak ada ex (bekas) saudara… Timor Leste , anda harus ingat kata-kata saya , sebagian besar Rakyat Indonesia sudah melupakan peristiwa terpisahnya Timor Timur dari Indonesia dan sekarang banyak sekali Rakyat Indonesia yang bersimpati ke pada Rakyat Timor Leste, Kita Tetap Bersaudara walaupun Berbeda Negara.

      • SETUJU MAS SAYA JUGA MALU, ” OJO DUMEH ” GAK USAH MERASA PALING HEBAT

      • SETUJUUU
        mari kita saling menopang,
        mari kita bantu saudara2 kita, dan meningkatkan taraf hidup manusia untuk lebih baik,,,,

    • husni timor leste di sebut negara misking,tapi satu hal yang harus ingat timor leste baru menjadi negara baru.jadi saya kira normal…suatu saat nanti timor leste akan lebih baik lagi.

    • kasian sekali kalau ngk ada harapan .kuitado de voce, enquanto muitas pesoas vivem feliz voce esta acabado por nao ter esperanca ,,,,huxxx

    • hanyalah orang tolol yg bisa bilang bahwa pengeboran minyak biayanya lebih mahal dari pemasarannya, Husni yang goblok… seharusnya kamu tahu bahwa Timor lorosa’e adalah negara yang kaya kalau indonesia tidak mencaploknya…saat rakyat Timor lorosa’e sadar bahwa masa lalu biarkan di telang oleh waktu…Husni yg bodoh sebenarnya indonesialah yang menjilat pantat Australia karena invasi RI ke TL karena kepentigan Australia untuk merebut celah Timor.

      • Tapi jujur kawan, saya dahulu tahun 1997 kuliah di Universitas Lampung bersama Teman2 dari Timor timur yg katanya dapat Bea Siswa dari pemerintah…
        Saya melihat, apakah cara belajar atau emang IQ nya Rendah, sampai semester 8, IPK cuma 2,0
        saya gak tau, apakah ini cuma Personal atau semuanya…

    • Kamu memang manusia biadab. ternyata kamu tidak lebih dari seekor babi yang tidak pernah menghirup bahunya sendiri tetapi bahunya itu dihirup oleh orang lain, notabenenya kamu jauh lebih miskin dari apa yang kamu katakan. kamu bukan manusia tapi lebih dari seekor anjing yang hanya tau mengongong tapi tidak tahu akan nasibnya sendiri……..

    • Haha… bun husni komen jangan meremekan Timor Leste lihat aja 15 tahun yang akan datang TILES akan maju ….sekarang TELES punya hubungan yang baik dengan Indonesia untuk itu jangan meremekan TILES marilah kita bersama saling menbantu demi mewujudkan kesejateran kedua negara

    • pak husni yang terhormat andaikata bapak lahir di tahun 1940an pasti anda tidak segampang itu mengucapkan kata makian itu jika anda ingin bukti tanyakan kepada para pejuang bapak yang kini jasa-jasanya tidak tahu diapresiasi atau tidak. sekian dan terima kasih dari saudaramu yang pernah kamu sakiti.

      Timor lorosae

    • ya majulah, meskipun Timor Leste negara yang baru merdeka tapi udah banyak ada perubahannya. tolong ya jagan meremehkan Timor Leste ok

  4. kita tahu memang Timor Leste adalah dunia ketiga dengan kekayaan yang bisa menghidupi rumah tangganya sendiri dengan cara kerjasama dengan negara-negara lain terutama dikawasanya sendiri tapi karena SDM yang yang ahli untuk mengelola kekayaan itu belum ada unutk itu Timor Leste harus menyediakan tunas-tunas mudah yang ingin membawah Timor Leste menjadi negara sama dengan negara-negara lain maka dunie pendidikanlah yang harus di tingkatkan dan pengunaan APBN yang harus dikelola dengan sebaik mungkin dan para pemimpin yang benar-benar mempunyai jiwa pemimpin yang mengiginkan kedamaian dan ketegasan dalam bertindak euntuk mengambil keputusan yang tepat jelas dan membangun ketegasan dalam hal ini unutk pencapian tujuan negara Timor Leste damai, sejahtera,makhmur dan Maju.

  5. apa yang kalian cari soudaraku,
    kesejah teraan atau kebebasan?

    timtim saat masih bagian dari merah putih
    kalian tidak ditindas tidak pula di brantas,
    kesejahteraan dan kemakmuran terus kami upayakan…

    pilihan melepaskan diri dari NKRI hanya keinginan dan kepentingan elite politik semata, sementara rakyat hanya menjadi alat dan akhirnya menjadi korban

    • nggak ngerti apa bedanya dengan NTT, masih satu pulau. sekarang katanya merdeka tapi sebenarnya membelah saudara dari yang dulunya satu negara…

      gara elite politiknya yang merasa keturunan portugis…

      • kemerdekaan bukan putusan elit politik tapi rakyat TL yg menentukan. Walau satu darat dgn NTT tapi kita beda. TL adal negara dan NTT adalh sebuah propinsi saja. TL Meredeka karena ingin hidup mandiri dan mengelola tanah airnya sendiri. Kerjasama dengan Indonesia adalh strategi kerjasama bilateral dan multilateral. Sebagai satu negara TL diwajibkan untuk menjalin hub dengan negara lain demi kemakmuran bangsa dan rakyatnya. TL terus bermimpi ingin jadi negara adidaya suatu saat nanti..viva TL.

    • yang pasti gw tidak bangga dengan bangsa ini… lo juga masih arahan politik saat ini kog… emang lo udah punya negara sendiri. negara ini dibangun atas belas kasihan amerika. kita aja merdeka setelah jepang di bom atom kog. mana menang bambu runcing lawan senjata mesin bro… mikir donk lo

      • emang broo….sy akui indonesia kuat,tapi indonesia pergi ke timor leste thn 1975 siapa yg undang.berarti malu don’k kalah ama pulau yg kecil.viva timor leste

    • saudara jakatea,..kami disini lebih bahagia dari pada dulu hidup bersama pelacur indonesia,..kemedekaan adalah keingginan kami sediri untuk menuntut masa depan, perlu saudara inggat kami hidup dengan suatu perjuangan bukan seperti kamu yg hidup telah merdeka,,,,,Viva TL.

    • Saudara Jakatrea Walaun dan Bagaiman pun Timor Leste tetap Merdeka di awal abad 21 kami banga dengan SDA yang ada.

      • Sdr Guverno, kami di Indonesia tetap sayang TL, kami berdoa mudah2an TL cepat sejahtera dan maju.

      • Menurut saya proses pembangunan ekonomi bisa dibedakan ke dalam 5 tahap yaitu mesyarakat tradisional (the traditional society), prasyarat untuk tinggal landas (the preconditions for take-off), tinggal landas (the take-off), menuju kedewasaan (the drive to maturity), dan masa konsumsi tinggi (the age of higt mass-consumtion)
        Dasar pembedaan tahap pembangunan ekonomi menjadi 5 tahap tersebut adalah karakteristik perubahan keadaan ekonomi, social dan politik yang terjadi. Menurut saya, pembangunan ekonomi atau proses transformasi suatu masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern merupakan proses yang multi-dimensional. Pembangunan ekonomi bukan hanya berarti perubahan struktur ekonomi suatu Negara yang ditunjukkan oleh menurunnya peranan sector pertanian dan peningkatan peranan sector industri saja.
        Menurut saya, disamping perubahan seperti itu, pembangunan ekonomi berarti pula sebagai suatu proses yang menyebabkan antara lain:
        1. perubahan orientasi organisasi ekonomi, politik, dan social yang pada mulanya perorientasi kepada suatu daerah menjadi perorientasi keluar
        2. perubahan pandangan masyarakat mengenai jumlah anak dalam keluarga, yaitu dari menginginkan banyak anak menjadi keluarga kecil.
        3. perubahan dalam kegiatan investasi masyarakat, dari melakukan incestasi yang tidak produktif (menumpuk emas, membeli rumah, dan sebagainya) menjadi investasi yang produktif.
        4. perubahan sikap hidup dan adapt istiadat yang terjadi, merangsang pembangunan ekonomi (misalnya penghargaan terhadap waktu, pernghargaan terhadap pertasi perorangan dan sebagainya.)
        masyarakat tradisional
        menurut saya, yang dimaksud dengan masyarakat tradisional adalah masyarakat yang fungsi produksinya terbatas yang ditandai oleh cara prodiksi relative masih primitive (yang didasarkan pada ilmu dan teknologi pra-Newton) dan cara hidup masyarakat yang masih sangat dipengaruhi oleh nilai-nilai yang kurang rasional, tetapi kebiasaan tersebut telah turun-menurun.
        Dalam suatu masyarakat tradisional, menurut sya, tingkat produktifitas perpekerja masih rendah, oleh kerena itu sebagian besar sumberdaya masyarakat digunakan untuk kegiatan sector pertanian. Dalam sector pertanian ini, struktur social bersifat hierarkis, yaitu mobilitas bertikal anggota masyarakat dalam struktur social kemungkinan sangat kecil. Maksudnya adalah bahwa kedudukan seseorang dalam masyarakat tidak akan berbeda dengan nenek moyangnya.
        Sementara itu kegiatan politik dan pemerintahan pada masa ini digambarkan Rostow dengan adanya kenyataan bahwa walaupun kadang-kadang terdapat sentralisasi dalam pemerintahan, tetapi pusat kekuasaan politik di daerah-daerah berada pada tangan para tuan tanah yang ada di daerah tersebut. Kebiaksanaan pemerintah pusat selalu dipengaruhi oleh pandangan para tuan tanah di daerah tersebut.
        Tahap prasyarat tinggal landas
        Pembangunan ekonomi menurut Rostow sadalah suatu proses yang menyebabkan perubahan karekteristik penting suatu masyarakat, misalnya perubahan keadaan sistem politik, struktur social, system nilai dalam masyarakat dan struktur ekonominya. Jika perubahan seperti itu terjadi, maka pertumbuhan ekonomi dapat dikatakan sudah terjadi. Suatu masyarakat yang sudah mencapai proses pertumbuhan yang demikian sifatnya, dimana pertumbuhan ekonomi sudah sering terjadi, boleh dianggap sudah berada pada tahap prasyarat tinggal landas.
        Tahap prasyarat tinggal landas ini didefinisikan Rostow sebagai suatu masa transisi dimana masyarakat mempersiapkan dirinya untuk mencapai pertumbuhan atas kekuatan sendiri (self-sustainable growth). Menurut saya, pada tahap ini dan sesudhnya pertumbuhan ekonomi akan terjadi secara otomatis.
        Tahap prasyarat tinggal landas ini mempunyai 2 corak. Pertama adalah tahap prasyarat lepas landas yang dialami oleh Negara Eropa, Asia, Timur tengah, dan Afrika, dimana tahap ini dicapai dengan perombakann masyarakat tradisional yang sudah lama ada. Corak yang kedua adalah tahap prasyarat tinggal landas yang dicapai oleh Negara-negara Born free (menurut saya) seperti Amerika Serikat, Kanada, Australia, dimana Negara-negara tersebut mencapai tahap tinggal landas tanpa harus merombak system masyarakat yang tradisional. Hal ini disebabkan oleh sifat dari masyarakat Negara-negara tersebut terdiri dari imigran yang telah mempunyai sifit-sifat yang dibutuhkan oleh suatu masyarakat untuk tahap prasyarat tinggal landas.
        Seperti telah diungkapkan dimuka, Rostow sangat menekankan perlunya perubahan-perubahan yang multidimensional, karena ia tak yakin akan kebenaran pandangan yang menyatakan bahwa pembangunan akan dapat dengan mudah dicipkatan hanya jika jumlah tabungan ditingkatkan. Menurut pendapat tersebut tingkat tabungan yang tinggi akan mengakibatkan tingkat investasi tinggi pula sehingga mempercepat pertumbuhan ekonomi yang dicerminkan oleh kenaikan pendapatan nasional. Namun menurut saya pertumbuhan ekonomi hanya akan tercapai jika diikuti oleh perubahan-perubahan lain dalam masyarakat. Perubahan-perubahan itulah yang akan memungkinkan terjadinya kenaikan tabungan dan penggunaan tabungan itu sebaik-baiknya.
        Perubahan-perubahan yang dimaksud saya misalnya kemampuan masyarakat untuk menggunakan ilmu pengetahuan modern dan membuat penemuan-penemuanbaru yang bias menurunkan biaya produksi. Disamping itu harus ada pula orang-orang yang menggunakan penemuan baru tersebut untuk memodernisir cara produksi dan harus didukung pula dengan adanya sekelompok masuyarakat yang menciptakan tabungan dan meminjamkannya kepada wiraswasta, yang inovativ untuk meningkatkan porduksi dan menaikkan produktivitas. Singkatnya, kenaikan investasi yang akan menciptakan pembangunan ekonomi yang lebih cepat dari sebelumnya bukan semata-mata tergantung pada kenaikkan tingkat tabungan, tetapi juga kepada perubahan radikal dalamsikap masyarakat terhadap ilmu pengetahuan, perubahan teknik produksi, pengambilan resiko dan sebagainya.
        Selain hal-hal diatas, menekankan pula kenaikan tingkat investasi hanya mungkin terjadi jika terjsdi perubahan dalam struktur ekonomi. Kemajuan disektor pertanian, pertambangan dan prasarana harus terjadi semata-mata dengan proses peningkatan investasi. Pembangunan ekonomi hanya dimungkinkan oleh adanya kenaikan produktivitas di sector pertanian dan perkembangan di sector pertambangan.
        Menurut Rostow, kemajuan sector pertanian mempunyai peranan penting dalam masa peralihan sebelum mencapai tahap tinggal landas. Peranan sector pertanian tersebut antara lain, pertama, kemajuan pertanian menjamin penyediaan bahan makanan bagi penduduk di pedesaan maupun diperkotaan. Hal ini menjamin penduduk agar tidak kelaparan dan menghemat devisa kerena import bahan makanan dapat dihindari. Kedua, kenaikan produktivitas di sector pertanian akan memperluas pasar dari berbagai kegiatan industri. Kenaikan pendapatan petani akan memperluas pasar industri barng-barang konsumsi, kenaikan produktivitas pertanian akan memperluas pasar industri-industri penghasil input pertanian modern seperti mesin-mesin pertanian dan pupuk kimia, kenaikan pendapatan disektor pertanian akan menciptakan tabungan yang bias digunakan sector lain (terutama industri) sehingga bias meningkatkan investasi di sector-sektor lain tersebut.

        TEORI MODERNISASI :
        PEMBANGUNAN SEBAGAI MASALAH INTERNAL
        I. Pembagian Kerja Secara Internasional

        Teori pembagian kerja secara internasional adalah merupakan salah satu teori yang sangat penting dalam menentukan suatu kebijakan perdagangan luar negeri suatu wilayah atau negara. Pada dasarnya teori ini menyatakan tentang beberapa hal mengenai pembagian kerja untuk menetukan suatu kebijakan perdagangan suatu daerah, yaitu :
        1. Bahwa setiap negara harus melakukan spesialisasi produksi sesuai dengan keuntungan kompratif yang dimilikinya.
        2. Bahwa Perdagangan internasional harus menguntungkan semua pihak.
        Dengan adanya dua hal tersebut diatas maka pembangunan yang baik menurut teori ini adalah pembangunan yang meleburkan diri kedalam kegiatan ekonomi dunia, karena pada dasarnya negara-negara yang ada saling bergantung, dan akan lebih menguntungkan bila negara-negara saling mengisi kelemahan yang ada.

        II. Teori Modernisasi
        Berdasarkan pada teori pembagian kerja secara internasional, maka secara umum di dunia ini terdapat dua kelompok negara, yaitu kelompok negara yang memproduksi hasil pertanian dan kelompok negara yang memproduksi barang industri. Pada kedua kelompok negara ini terjadi hubungan dagang dan keduanya menurut teori diatas saling menguntungkan. Tetapi setelah beberapa puluh tahun kemudian, muncul suatu permasalahan bahwa neraca perdagangan kedua kelompok negara ini berbeda, yang dimana negara yang memproduksi barang industri mendapatkan keuntungan yang besar dan semakin kaya sedangkan negara yang memproduksi hasil pertanian mendapatkan hasil yang kurang menguntungkan dan lebih tertinggal (miskin). Dari permasalahan diatas maka muncul beberapa teori modernisasi yang dikemukakan oleh beberapa ahli, yang menjelaskan tentang kemiskinan disebabkan oleh beberapa faktor yang terdapat di dalam negara tersebut. Beberapa teori yang tergolong kedalam kelompok teori modernisasi yaitu :
        carlito soares.L.Ec :lol:

    • Betol makanya saudaraku di papua jangan mau dikibulin OPM liat timur leste sengsara tu rakyatnya setelah pisah dari RI.

      • biasa aja kli…Timor leste itu bukan kayak rakyat indonesia tirud di bawah jembatan,,,jaga mulut kamu ya goblok….

      • trmsih broo….lebih baik menjadi diri sendiri dri pada diri orang lain.

      • pak mohamad ady menurut anda yang dimaksud dengan sejahtera ukurannya apa??
        Timor Leste memang miskin tetapi pengobatan gratis,sekolah gratis, sampai tingkat university,lansia terhitung dari usia 60 tahun ke atas setiap bulan menerima subsidi pemerintah sebesar $100.00/bulan. setiap tahun pemerintah membangun 5 rumah layak untuk setiap kampung setiap tahun untuk rakyat miskin, para veteran perang mendapat kompensasi rata-rata $ 320.00 dari pemerintah setiap bulan sampai akhir hayat.anak-anak TK,SD,SMP mendapat jatah makan gratis seluruh negeri setiap hari
        so you tell me what in your brain!! must be something wrong???

    • Saya pikir saudara jakatea adalah seorang berhati mulia, ternyata engkau juga sama sperti orang farisi yang tidak pernah bahagia melihat kebebasan orang lain. kami korban elit politik tapi anda korban mafia elit politik anda sendiri dan anda menjadi pengemis dan pelacur di tanah kelahiranmu sendiri. haturlah negaramu, jangan atur orang lain sebab kemajuan timor leste akan membuat engkau semakin terhina…..

      • walaupun miskin harta tapi saya cinta NKRI brrmacam2 suku tapi satu jiwa,, ingat asing tak akan membiarkan negara manapun maju tanpa menjilat pantat asing itu sudah hukum alam , NKRI sudah lebih lama merdeka dan tau tujuan asing,, dan satu lagi buat rakyat timor kasian deh lo sudah kna doktrin asing. Sebentar lg pelacuran, penganguran, akan muncul di negaramu timor percaya sama saya.

  6. mski timor leste msih ngri bru. bwt indonesia itu membanggakan jika timorleste tetap membangun bersama tanpa membuat masalah hidup timor leste dan jaya bersama infonesia

  7. inilah timor leste yg sesungguhnya klo kgk ad mslh inter&ekstern bsa menjadi macan muda yg sngat ditakutin ama ngri lain dan tak lupa dgn saudara tua indonesia dan ASEAN klo ud mju!!

  8. sorry bro komentar2 saya yang tadi agak emosional karena mendengar negara Indonesia,,,,karena banyak keluarga saya yang hilang dan belum ketemu sampai sekarang…..namun ketika saya membaca artikel2 yang saudara tuliskan saya merasa terharu dan bangga akan negara saya tercinta Timor Leste……..

    kali ini saya setuju dengan anda……

    tahnks bro

    • Timor leste saya yakin 100% akan maju menyaingi atau setidaknya sejajaar dng saudara tuanya indonesia, karena saya sendiri sbg bangsa indonesia tau akan tekad masyarakat timor leste yang akan berusaha keras untuk kemajuannya, Gali terus potensi alam dan kembangkanlah menjadi bangsa yg mandiri dan makmur, Jayalah Timor Leste, jangan tengok lagi ssejarah hitam masa lalu, jadikan itu cambuk semangat untuk negara timor leste melangkah maju.

    • bukan begitu kaka tabi harus bertahan negar kita .

  9. [...] menyempatkan diri untuk melihat beberapa artikel tulisan, dan pilihan jatuh pada tulisan milik  Asep. Tulisan beliau semata-mata dimuat karena lebih mendekati emosional  “dari dalam”,  [...]

    • timor leste saat ini di katakan negara paling miskin di dunia,gak masalah,tapi ingat tidak selamanya miskin trs,,negara yang kaya pun warganya masih jg miskin banyak,,apakah itu,pengangguran,pengemis jalanan,preman jalanan,ataupun tinggal di bawa jembatan, atau yang gila harta,gila korup,atau gila2an perempuan selingkuhan,atau karena rebutan jabatan jadi gila karena tdk terpilih uang utangan tambah banyak akhirnya jadi gila n bunuh diri atau buronan negara…semua tu mari kita refleksi kembali pada masa lalu,, pikirkan yang terbaik untuk semuanya buka tuk diri sendiri..salam lino rafem

      • Saudaraku Lino berjuanglah Terus, bersama masyarakat Timor Leste dalam segala bidang tetapi Utamakan 3 Pilar Pembangunan :
        1. Bidang Pertanian : Ajaklah Masyarakt Timor Leste Bekerja keras menggali Potensi pertanian, seperti pembangunan Embung, Bendungan, Saluran Irigasi, Pembukaan Lahan Baru, Tananlah tanaman-tanaman Agrobisnis, Seperti Kopi, Kacang-kacang, Padi,Jagung dll tetapi klau bisa bekerja sama dengan pemerintah Israel, Amerika, Inggris, Jepang, Korea Selatan & Australia karena pertanian mereka sudah maju sekali.
        2. Bidang Pendidikan : Belajarlah Ke Israel, Amerika, Inggeris & Jepang karena pendidikan mereka sudah maju.
        3. Bidang Kesehatan Juga sama Kirimlah orang-orang yang pintar kuliahnya ke Amerika, Israel, Jepang, Inggris & Auastralia
        4. Jadikanlah Bahasa inggris sebagai Bahasa Nasional untuk mempermudah komonikasi antar Bangsa
        5. Harapan saya fokus belajar ke Jepangf atau Israel kalau Timor Leste mau cepat maju alasan pertama kedua negara ini tingkat disiplinnya tinggi selamat berjuang aku berharap aku bisa ke Timor leste & Membangun Bersama Timor Leste

      • Lino yang baik, ayo semangat dan berjuang bangun negaramu TL agar cepat maju dan sejahtera, Allah SWT pasti memberikan yang terbaik. Kami di Indonesia siap membantu, TL adalah saudara yang kami sayangi.

      • Haaaaaah kalo liat kenyataaan masa depan rakyat TTL akan menjadi budak ekonomi Australia.Kasian kasian.

  10. Ijin copas dan saya ajak anda untuk diskusi di blog ini: kunjungi yaaa…

    http://suciptoardi.wordpress.com/2010/03/10/diskusi-ekonomi-timor-leste/

  11. Janganlah kita saling menghujat……kita pernah satu bendera, satu bahasa. Timor Timur bukan dijajah Indonesia, ttp justru TimTIm menjadi kesayangan pemerintah Jakarta, banyak daerah yang Iri dengan pembangunan dan perkembangan Timtim yang pada waktu itu mendapat bantuan yang lebih dibanding daerah lain di Indonesia. Pemisahan hanya kehendak segelintir orang…….ya sudah kenyataan begitu demokrasi telah menentkan segalanya. Mudah2an Timor Leste dan Indonesia tetap kompak.

    • emang gw setuju pendapatmu bru,di sini perlu kita jelih,politik menjadi salah satu faktor pagar makan tanaman semua itu kembali lagi kepada kita utk memulai dari berbagai segi,,, kita hrs terima semua tu..indonesia juga sama ketika belanda menjadikan sebagai inperalisme masyarakat indonesia tentu melawan dalam berbagai dampak,….

  12. untuk memajukan Timor Leste, faktor 1 yang harus diperhatikan adalah SDM, 2 infrastruktur, 3 menggali sumber daya alamnya kemudian di jual keluar untuk menghidupi masyarakat baik di kota maupun di desa yang masih tertinggal. cepat atau lambat timor timur pasti maju untuk menyaingi negara-negara tetangga. Mengapa ? karena penduduknya masih sedikit dan mudah dijangkau/dikontrol oleh Pemerintah, dan Timor Timur bukan negara yang ekstrim/radikal, akan tetapi Timor Leste adalah negara yang terbuka bagi negara manapun. dan Timor Leste adalah negara yang Demokrasi.

    • kita lupakan semua perbedaan…..kita tatap masa depan,mudah-mudahan timor leste segera berbenah diri,segera bangkit dari keterpurukan…..di depan tuhan kita sama…kita bahagia kalau kita bisa bermanfaat bagi orang-orang di sekitar kita,kita cintai negara kita masing-masing,kita bergandengan tangan,mengisi/membangun negara kita masing-masing
      jaya indonesia,jaya timur leste,

  13. timor leste mulai bangkit, iauadalah pernyataan yang benar..mencari hati diri. secara ekonomi timor leste masi tergantung dengan indonesia. dibuktikan dengan banyaknya pasokan barang dari NTT.AS dan aussi turut membantu.dalam kemajuan di timor lorosae ini. Sebagai negara baru yang diprediksi akan menjadi maju jika memanfaatkan apa yang ada di celah timor(Yang belum diekploitasi).tp itu tida semuda membalikkan telapak tangan. ASdan australia lagi berjuang untuk mengekploitasinya. mata uang yg digunaka oleh timor leste adalah dolas AS. dalam arti AS mempunyai kepentingan. Jika timor disejajarkan dengan indonesia itu adalh hal yang salah.. Sebagai negara republik timor leste sangatlah terbuka untuk bekerja sama dengan negara lain… ini demi kepentingan nasionalnya. itu sangat benar…soal perlakuan TNI yang sangatlah diluar batas memang benar. Tapi kita jangan membenci indonesia. Yang terlibat hanya TNI dan Crewnya bukan masyarakat indonesia. Jadikan itu sebagai sesuatu sebagai pengalaman yang membangun….indonesia juga belajar dari masa lalu…Banyak keterpurukan yang dilalui selama masa penjajahan. buat indonesia dan timor leste…maju terusssss…..thanks..

  14. org timor pangil org Indonesia itu Malae (org asing ) apa ngga yah… kayaknya tidak deh tapi Mas atau Mbah. ehhh ternyata banyak org timor Leste menikah ama orang Indonesia lalu gimana yah perasaan anak anak mereka yah jika meliat komentar kita yang saling menyigung itu. dasar manusia2 egois terlalu banyak di alam nyata. banyak orang Timor Leste yang meniduri wanita Indonesia entah dimana di nusantara dengan cara apapun. sudahlah mari kita saling mencintai sebagai saudara bantulah Timor Leste untuk maju bersama kalo dua atau 3 negara mengunakan bahasa melayu kan jadi enak…

  15. kemarin…sekarang….besok dan seterusnya Timor Leste dan Indonesia tetap bersaudara, jngan saling menyalahkan satu samalain, jadikanlah masa lalu sebagai motivasi untuk menatap masa depan yang lebih baik, maka kedamaian dan kesejahteraan rakyat kedua negara akan tercapai sesuai harapan negara masing-masing….jayalah Timor Leste dan Jayalah Indonesia….!!!!

  16. Sudahlah, yang lalu biar berlalu, lebih baik menatap masa depan. Bukankah lepasnya Timor Leste dari Indonesia menguntungkan dua belah pihak? Buat Indonesia yang jelas bisa mendapatkan tambahan alokasi subsidi untuk daerah lain (yang dulu buat Timor Timur), sedangkan bagi Timor Leste bisa menentukan arah kebijakan pemerintahannya sendiri.

  17. kemarin…sekarang….besok dan seterusnya Timor Leste dan Indonesia tetap bersaudara, jngan saling menyalahkan satu samalain, jadikanlah masa lalu sebagai motivasi untuk menatap masa depan yang lebih baik, maka kedamaian dan kesejahteraan rakyat kedua negara akan tercapai sesuai harapan negara masing-masing….jayalah Timor Leste dan Jayalah Indonesia….!!!!
    Balas

  18. Hidup Indonesia, Hidup Timor Leste. Kita bersaudara, apa gunanya kita cape-cape saling mengejek dan saling menyalahkan. Lebih baik kita menatap ke depan demi meraih masa depan yg lebih baik…

    • Setiap masa ada pasang surutnya demikian suatu negeri, tergantung bangsa itu bagaimana realisasi nyata dalam bersikap menatap masa depan, jika dilihat secara sosiologis mestinya timor leste cepat maju dan mestinya tidak sulit untuk mengatur bangsa timor leste karena penduduknya sedikit dan homogen. Tapi semua tergantung idelogi suatu negara dan cara mengubah etos kerja pada suatu kaumnya. JIka dibandingkan dengan Indonesia yang multikultural, dan timor leste sukunya homogen . mestinya timor leste bisa menjadi negara maju.

  19. saya setuju dengan kerjasama dengan negara-negar maka timor leste akan maju dan menjadi negara adi daya di asia ALBERTO ORANG TIMOR LESTE ADA di INDONESIA

  20. Mohon maaf apabila ada sebagian comments yang saya tolak untuk di tampilkan di blog ini.
    untuk menghindari hal-hal yang tidak baik. mari jadikan blog ini ajang diskusi bagi masyarakat Indonesia dan Timor Leste, dalam hal-hal yang membangun bagi kedua negara…

    • Saudara asep sepertinya anda orang timor leste yang ada di Indonesia, cuma anda pakai nama samaran aja supaya dibilang orang Indonesia, dimana asep adalah nama yang biasanya dipakai orang di provinsi Jawa Barat. Tolong tunjukkan identitas anda? sebagai konfirmasi jika saudara berkenan

      • Untuk saudara Made Agung Dharma Sentosa, saya memang orang Indonesia asli dan saya mmbuat blog ini selain sebagai tugas yang diberikan kampus sewaktu masih menjadi mahasiswa Hubungan Internasional juga untuk mempererat hubungan antara Indonesia dan Timur Leste, dan bukan buat ajang untuk saling menghina satu negara atau lainnya. Jadi maaf apabila sebagian comments saudara, tidak bisa saya approve. Mohon lebih bijak dalam menilai suatu permasalahan!
        If you really want to know me, feel free to visit my Facebook Profile in “asep.sunarya2303@yahoo.com”.

        Best Regards,
        Asep

  21. perlu ada keamanan yang terjamin.di perketat.dan ada kerja sama antar negara baik bilateral maupun multilateral.bahan pangan yang kurang,

  22. ya,,itulah timor leste,negarx emang baru tapi banyak lohh kekayaan alamx,..tapi di sisi lain kita juga sadar bahwa negara kita masih kekurangan SDM untuk mengelolaX,oleh karena itu sampai sekarang kita masih membutuhkan bantuan dari negara lain demi memajukan negara timor leste….””.I LOVE TIMOR””

    • Saudara-Saudaraku….. semua kenapa kita harus berdebat kita sesama negara kawasan asia Tenggara harus saling mendukung bukan saling menghujat ingat barang yang kita kirim berupa Barang & Makanan dll itu Timor Leste Beli dari Indonesia & Indonesia mendapatkan dolar bukan gratis berbicaralah yang Indah dibaca karena kita adalah saudara seasia Tenggara.

  23. maju timur leste

  24. salam buat teman-teman seperjuangan di timor leste baik dalam suka dan duka, majulah dalam perjuangan menuju masa depan timor leste untuk maju dan jaya di masa datang, tinggalkan kenangan baik untuk anal cucu kita

  25. Hallo, teman-temanku di timor leste, ami jha flores diak hela, agora emi diak diak ka lae,. Saya sangat kagum dengan perkembangan kota Dili dan saya yakin timor leste akan maju sekalipun kami jauh tapi timor tetap di hati.

  26. timor leste adalah negara baru…..bagi memajukan negaranya perlu ada kerjasama dari pihak asean ….ia harus mencari model contoh untuk dijadikan semangat pembaharuan kerajaan dalam pimpinan sekarang ini.pertama sekali harus lah…membuka satu lembah iaitu pusat alkuakultur penternakan ikan sebagai contoh meniru sistem di indonesia atau pun malaysia…sisitem penanaman padi secara komersil dan besar besaran….kedua2 ini amatlah penting bagi negara yang kurang sisitem pemakananya..kedua membuka penternakan lembu, kambing ayam, diimport dari negara jiran secara besar besaran dan kumudian baru lah infrastruktur kemajuan kemasyarakatan ….kini timor leste sedang dalam uasaha pembaharuan sistem aliran minuman…

  27. hmmm… kurang yakin saya.
    Ada yang tahu Timles punya SDA apa yang bisa membuat rakyatnya sejahtera?

    • saudaraku…ingatlah bahwa jika mau berusaha pasti ada jalan keluarnya……..Timor Leste akan berusaha untuk maju dan akan menunjukan kepada dunia bahwa Timor Leste bisa makmur dan maju………….salam

      • Komentar oleh barcelufrank saya sangat mengharapkan kemajuan Negara baru ini, oleh karena penduduknya tidak begitu padat seperti Negara-negara tetanggahnya namun harapan untuk menjadi Negara maju itu sanggat muda namun satu hal yang perluh diperhatikan bahwa para pemimpin Negara harus berstu dan bekerjasama serta transparan dalam bidang politik sosial dan Ekonomi pembangunan, keamanan dan budaya. salam semoga

      • tentu saja saya setuju dgn stetmen quely….berjuang utk menjaDI NEGARA sendiri mampu..utk memajukan kesejaterahan masyrakat pasti mampu utk memajukan negara timor leste ke arah yg lbh bik.,..

    • timor leste negara yang tak mungkin dapat maju,namun saya sangat aneh dengan negara timor leste ia tinggal dibenua mana asia atau astralia.karna ia menyatu dengan negara indonesia tak munkin negara timor leste tak mempunyai benua

      • kamu kok kolot sekali, Justru timor leste lebih maju dari negara Indonesia karena timor leste punya kekayan alam yang berlimpah. timor leste suatu negara republik yang unik di antara Australia dan indonesia bukan menyatu dengan Indonesia.

    • SDA bukan yang utama tapi kepintaran pemimpinnya untuk mempunyai pendidikan yang tinggi. Jepang bissa untuk contoh

    • maju atau mundurnya sebuah negara bukan dari SDA, tapi SDM.

      • kalau saya memiliki uang yang banyak, saya kn bisa mempekerjakan kamu untuk mengerjakan apa yang aku suruh.

  28. kita pernah satu tanah air yitu indonesia,saya yakin bahwa tiles bisa berkembang lebih baik lagi saya mendukung biarpun saya orang indonesi,maju terus timles….ok

    • saya senang dengan idemu…wlpn pisah skrng tp dulu kta sama2 menyanyikan lagu indonesia raya

  29. memang sebaiknya timor leste merdeka saja karena bisa fokus memajukan daerahnya daripada ikut jakarta apa2 harus ijin jakarta. seperti daerah2 lain di indonesia walaupun kaya sda tapi ga maju2 kr hasilnya di bawa ke jakarta. cocoknya indonesia itu negara federal jadi bikin pasar ga harus nunggu inpres.. capek dehhhh

  30. bagaimana peran Australia di timor leste setelah kemerdekaan???

  31. bravo…utk kalian yg secara obyektif memberi pendapat tentang isi dari artikel ini..itu adalah karakter intelektual yg pantas ditiru…untuk yg belum begitu paham ttg maksud dan isi dari artikel ini”berhubungan dgn masa depan timor leste sebagai suatu negara berdaulat”harap tingkatkan lg pengetahuan/wawasan kalian ttg TL..biar ngk dicap intelektual arogan…indah&berkwalitasnya suatu pandangan..jk itu bersifat obyektif!!!!

  32. Baguslah Timor Leste sudah merdeka, bebas menentukan nasib sendiri dan tidak ada lagi sukuisme… Semoga negara kalian bisa lebih maju dari Indonesia agar wilayah lain menyusul… semua ingin kesejahteraan dan perjuangan kearah situ tidaklah mudah… ingat KEJUJURAN DAN KERJA KERAS SERTA IHLAS ADALAH HAL UTAMA…. jangan pernah korupsi… yang menjadi pemimpin disana semoga orang2 baik….

    • To Sulawesi boys,that is true my friend ” that’s not easy way” but listen to your hurt!!! loot of sulawesi people have working IN Timor LESTEright now and ALL OF YOU FROM INDONESIA WILL BE WELCOMED INCLUDING “WHO EVER INSULTING US” WE DONT CARE FOR US THE DIFERENCES IDEA IS NORMAL BECAUSE WE LIVE IN DEMOCRATIK SOCIETY.

  33. saya berpikir ada baiknya timor leste lepas dari indonesia, itu lebih baik bagi indonesia dan timor leste,,,perang dingin sudah berakhir, dan tidak perlu lagi kita cemas akan itu akan intrik blok tmur dan barat…

    timor leste harus bisa membangun negaranya sendiri..

    sejujurnya kepentingan indonesia dalam politik dan ekonomi terhadap timor leste bisa dikatakan hampir tidak ada lagi, selain hanya menjaga perbatasan…selebihnya hanya basa basi diplomasi saja lagi,,

    pemerintah indonesia dan rakyatnya sudah melupakan timor leste dengan cepat, para unsur militer yg sempat hadir di timor leste pun sdh banyak yang pensiun, kami asyik dengan proses yang terjadi dalam diri kami sendiri,,,anak muda sekarang sudah banyak yang tidak tahu tentang leste, bahkan petanya saja mereka tak tahu…itu juga saya tidak mengerti mengapa…

    jadi bagi orang indonesia santai saja lah…..
    bagi orang timor leste silahkan bangun negaranya sendiri..mudahan cepat maju dalam membangun…..jangan ribut lagi….malu dong nanti bila ribut mengungsi lagi ke NTT…bikin susah tetangga saja…kami juga lagi susah, jangan dibikin susah lagi…

    semoga timor leste cepat maju…

    • betul bro..lo timor jangan ribut-ribut mulu dong kita yang repot jaga perbatasan..bangun tanah lo..mudah2an jd negara super power menggantikan romawi..inggris…turki..dan amerika…salam

      • bro…..indonesia pun uda lama merdeka tidak mcm israel…

    • benar bro….org timor leste sejauh ini,uda tdk mengerti lg bahasa indonesia.timor leste pisah dari indonesia karena dia menang…..selama 24 thn indonesia menjajah pulau timor….brrti rakyat timor udah kluar dari neraka.viva timor leste.

    • memanglah……tp kan dulu.skrg tdk lg kan.tp saudara satu hal acha ntt dan timor leste masih satu darah……tdk lain tidak bkn itu adalah pulau timor.nanti2 jg ntt akan lari dari indonesia tu tau.

    • buat saudara alfigenk, apapun nama kamu, menyangkut masalah pengungsi ke ntt, itu rekayasa tni dan konco2 penjahat lainnya, supaya menunjukan ke dunia luar bahwa ini loo orng timor leste sekian banyak yg tdk setuju merdeka, padahal itu adalah paksaan dan rekayasa penjahat2 perang wiranto, praboowo, kiki syanakri, adam damiri dll.

      • betul…sekali..bro timor leste memang,,beda loh,,kenapa yang da hrus hina2,,suai,,,fatum

    • hei friends,masa depan indo di tangan kalian,jangan sampai bicara seperti orang miring otakx..,pantasan rakyat indo yang selalu mengalami,kecelakaan,kemiskinan,ngemis karena karena indo itu ibaratkan orang laparya,,samakan lahhh vampir lapar darah,lihat donggg..timor lebih jauh di bandingkan dgn indo dalam demokrasi,lihat dan buka mata lebar2 dong,kalau kita bicara mengenai demokrasi di timor leste,,wowww,,,hebohhh,,,tanahku timor leste indah,,punya kekayaan alam yang luar biasa,,,bedanya,,indo jajahan beda belanda sihh,,tapi timor leste jajahan portugis,,bedakan,,,heheee..negara,,ku,timor leste,bangkitlah,,dan maju ke depan,,jangan mundur selangkah nya pun,,

      • iya,,,saudara sufat…mungkin anda benar adanya.. mudah2an negara anda sukses dan berhasil..kami mungkin akan senang juga melihatnya…
        tapi memang indonesia tidak seperti dugaan anda, karena mungkin saking luasnya negara indonesia tidak semua informasi apa-apa yang telah terjadi diindonesia bisa diberitakan dengan baik oleh media..
        saya berada di pedalaman kalimantan..ekonomi regional kami meningkat dan menyebabkan kebututan pokok dan infrastruktur juga meningkat..sayangnya indonesia agak kewalahan memberikan pelayanan ini kepada rakyatnya dikarenakan masih banyaknya permasalah birokrasi yang melilit,,,tapi itu bukan masalah besar…dan tidak menghentikan pertumbuhan ekonomi yang ada…

        saling mengejek tak ada guna pula..buat apa juga?..hanya membuang energi ..bagi saya mengejek timor leste sungguh tidak ada gunanya..jika ada rakyat timor leste mengejek indonesia ya tak apa..itu juga tidak berpengaruh apa-apa… hal itu tidak akan mempengaruhi perhatian kami….seperti yang saya tulis dalam komentar saya diatas..banyak anak muda indonesia tidak mengerti dan bahkan tidak tahu tentang timor leste…memory itu hanya ada di kepala para orang tua..orang tua itu pun sedang sibuk dengan politik2nya..sibuk dengan sendirinya…anak muda kami sibuk dengan kemeriahan dunia baru…

        timor leste beruntung mempunyai penduduk yang sedikit,dan wilayah negara yang seimbang.. mungkin akan lebih mudah diatur rakyatnya dan pembangunannya..tidak seperti indonesia memang yang penuh sesak….sepeti anda bilang tadi, akan penuh kecelakaan,,,itu lah resiko kami..

        saya senang membaca tulisan anda dengan bahasa indonesia yang saya rasa sangat baik…saya menduga anda sangat banyak tahu tentang indonesia saat ini..dari manakah anda mendapatkan informasi?….saya yakin televisi indonesia tidak sampai kesana….saya juga mengucapkan terima kasih atas kritiknya dan perhatian anda tentang indonesia..

    • Saudara Alfigen, dulu banyak orang mengungusi ke NTT itu, dipaksa oleh tentaramu yang dulunya disebut ABRI dan milisi pepbentukan Indonesia. Udah terbukti kalah, masih aja nakal paksiin orang ke NTT. Kalau orang yang bicara, bukan pelaku dari suatu proses, ngomongnya ngawur aja. alias asbun.

      • jika orang yang tidak mau mendengar pendapat orang lain juga bisa disebut budek,,benar sendiri nantinya..

        presiden habibie telah memerintahkan kami pergi dari sana,,dan perang telah berakhir…perang dingin sudah tidak ada lagi…

        kami suka itu..menyenangkan sekali..kami bisa membangun negeri kami sendiri….
        kalian bisa merdeka..itu hak kalian… kalian harus mengerti..banyak anak muda indonesia saat ini tidak tahu timor lesti,,itu saja,,,mereka tidak mengerti sama sekali dan tidak peduli…. kalian harus menerima kenyataan banyak anak muda di negara tetangga kalian paling dekat yang tidak tahu dan tidak mengerti kalian..bahkan dari pulau besar terdekat dari negara kalian..kalian tidak bisa memaksa kami harus mengerti dan memahami kalian..anak-anak muda kami telah melupakan dan membiarkan kalian..

  34. Timor Leste sebuah negara berdemokrat, wilatah negara TL tidak begitu luas masyarakat pun tidak begitu banyak, kekayan alamnya sangat banyak, bisa menjamin menjamin masa depan Timoe leste yang makmur

  35. saya harap jangan saling membals komentar2 dengan hal2 yg ngk penting yaitu membandingkn khususnya negara tetanggga antara indo dan timor leste,, biarlah timor leste untuk saat ini ngataur diri sendiri karena sudah merdeka,,,

  36. klo tmen2 yang tinggal dijawa khususnya di jakarta pernah tinggal didaerah pinggir indonesia spti kalimantan, sulawesi dan papua.. pasti akan menyadari ketimpangan ekonomi n perkembangan pembangunan antara pulau jawa dan pulau2 yang lain.. selama tidak ada pemerataan pembangunan hal ini akan memicu kecemburuan..
    sudahkah tmen2 di jawa taw klo daerah kalimantan jg ingin merdeka atau ingin ikut malaysia.. pilihan merdeka bagi mreka krn tidak adanya pemerataan itu, dan adalah jalan trakhir karena tidak menemukan kesepahaman,… tolong kwn2 di jakarta khususnya agar mendengar aspirasi dari daerah slain jawa.. jakarta sudah terlalu besar..
    kemerdekaan timor leste sbaiknya jadi pelajaran kita smua rakyat indonesia utk lebih mengetahui yang mereka rasakan n yg mreka alami..
    saya pernah tinggal di kalimantan.. dimana listrik disana sering padam, hampir tiap hari listrik padam, padahal disana sentra produksi batu bara.. kmana itu smua?? tmen2 dijawa pasti jarang mrasakan itu.. krn suply batubara smuanya ke jawa n jakarta

    saya juga tinggal 17 tahun di papua.. byk akses jalan yg blm dibangun. blm byk skolah yg dibangun. dan msh byk lagi..
    sbaiknya ini jadi PR bagi kita smua.. baik indonesia maupun timor leste yg sedang berkembang.
    pembangunan terpusat adalah suatu yg salah.. pemerataan adalah jalan yang lebih baik..

    smoga timor leste segera sejajar dengan indonesia, klo bisa lebih baik lagi.. saya harapkan dukungan dari tmen2 timor leste utk juga dapat membantu indonesia, dan terimakasih tetap menganggap kami saudara dan memaafkan kesalahan kami dimasa lalu..

  37. Semua berawal dari titik Nol, Untuk TIMOR LESTE saya harap jangan menyerah demi mengapai Harapan dan cita2 mulia untuk membangun negeri kecilnya, begitu pula sebaliknya Inonesia jika tidak lari lebih kencang tapi malah berkutat dimasalah2 yang ada bahkan tak sanggup dselesaikan maka , tunggulah saatnya TIMLES melewati anda……hahhahah

    • Saya setuju punya pandangan kedepan yg optimis,saya berharap ke saudara2ku yg ada di Timor Leste harus YAKIN dan SUNGGUH2 untuk mencapai cita2 yg mulia ini.Krena suatu negara yg di landasi dgn Niat yg bersih ( JUJUR,IKHLAS,SABAR dan TAWAKAL kepada ALLAH SWT ) dan ingat kita hrs bersatu tdk memandang dari sisi keyakinan,ekonomi ,jabatan dll….Insyaallah bisa berkembang dan apabila indonesia tdk peduli dgn orang2 yg punya niat bersih, yaaa….. tinggal tunggu aja.

      • “SETIAP UCAPAN ADALAH DOA begitulah kata orang muslim” THANK YOU FOR MR SETYAWAN YOU HAVE PRAYING US WE HOPE YOU WILL GET SUCCES IN WHAT EVER ACTIVITY!!!

  38. Viva…viva….timor leste.
    Kita merasa bangga dengan kemerdekaan ini walau tidak pernah diraih dengan bambu runcing untuk melawan kolonialisme namun dengan patriotis politik dan geryliawan serta dukungan masyarakat Timor Leste sendiri dan masyarakat Internasional. Sehingga meranjak dari keinginan masyarakat untuk merdeka, ini adalah salah satu jalan terbaiknya buat Indonesia. Dalam hal ini, (winning) buat Indonesia karena masalah timor leste merupakan kerikil dalam sepatu yang mau tidak mau harus memberikan penentuan nasib sendiri. Konteks primordial sekarang bagaimana bisa menjalin hubungan bilateral yang baik antara kedua negara. Karena Indonesia merupakan winning dan Timor leste adalah taked dari semua realisasi kondisi hidup masyarakat dan bangsa setelah lepas dari indonesia. Ini adalah merupakan Riel of The National start from Zero to Improved development for the Future. Jadi permasalahan sekarang buat Timor Leste adalah perlu adanya perhatian serius dari pemerintah Timor Leste untuk proses pembangunan ke depannya. Salah satu hal yang perlu diberi jempol kepada pemerintah Timor Leste adalah dalam prospek pembangunan sekarang ini lebih memprioritaskan 4 bidang utama yakni Infrastruktur, Agraria, Kesehatan dan Pendidikan selain bidang-bidang lainnya. Namun perlu dianalisis bahwa ke4 program tersebut sudah ada yang berjalan dengan cukup baik ada yang masih simpang siur di pertengahan jalan. Oleh karena itu perlu adanya unsur partisipasi dari semua elemen masyarakat (civil society), lembaga-lembaga non government dan pemerintah. Diantara ketiga pilar tersebut yang sangat menentukan bagi prospek pembangunan, namun yang sangat menentukan sekali dari 3 pilar tersebut adalah partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan. Kondisi riel yang sekarang dihadapi oleh Negara Timor Leste adalah
    1. Masyarakatnya kalah bersaing dalam hal kreatifitas dibandingkan dengan Negara-negara lain artinya walaupun program pemerintah dirancang sedemikian baik tetapi masyarakatnya kurang aktif merupakan salah satu hambatan.
    2. Faktor kepentingan politiknya masih kuat dibandingkan first membangun kondisi hidup masyarakat.
    3. Perencanaan pembangunannya oleh pemerintah baik namun pelaksanaannya tidak dibanrengi oleh jiwa, raga dan rasa cinta atas masyarakat, bangsa dan negaranya itu sendiri.
    Berbicara mengenai Analisa Potensi Timor Leste untuk menjadi negara maju, seperti tulisan diatas yang menjadi pertanyaan analisis potensi apa yang perlu dilihat SDM atau SDAnya.
    Kalau dilihat dari SDAnya Timor Leste bisa dibilang Negara yang sangat potensial kaya akan sumber daya alamnya (SDA) minyak, marmer, kopi, kemiri dan lain sebagainya. Namun yang perlu dipungkiri bahwa apakah dengan SDA yang ada tersebut bisa dibarengi oleh SDMnya untuk mampu mengelolah semuanya itu?. Kondisi ini merupakan salah satu factor yang perlu ditelusuri……mungkin saja dapat dikatakan bisa tetapi tergantung dari setiap orang/individunya. Bukan dilihat dari ideology demokrasinya tetapi sejauhmana mengembangkan sumber-sumber daya yang ada untuk prospek pembangunan masa depannya nanti.
    Sekian…….!!!!!!!!!

    • setuju bangat dengan steitment anda, sumber daya alam timor leste harus ada balance sumber daya manusianya sehingga pembangunan fisik(infastruktur) dan pembangunan di bidang kesejahteraan lebih signifikan sehingga masyarakat timor leste menjadi makmur dan sejahtera.

  39. kritik dan saran patut di terimah and menjadikannya sebagai suatu landasan menuju kesuksesan, suatu bangunan yang mewah bukanlah sebuah ukuran bahwa bangsa tersebut adalah bangsa yang makmur, namun yang perlu kita idamkan adalah ketenangan dan kebebasan orang untuk beriteraksi.

  40. Selamat TL dah merdeka, Kami berharap Indonesia dgn suka rela melepaskan Kalimantan. Kami tidak ingin cara kekerasan, krn merugikan bangsa kami (Kalimantan), tp kami ingin Otonomi Khusus atau Sistem federal.
    Salam dari kalimantan

    • berdoa dan perjuang……yakinlah. suatu hari nanti indonesia akan akan melepaskan daerah jajahanya.

      • Matamu! Emg Indonesia prnh menjajah?! Timor Timur aja dulu yg minta gabung sama Indonesia kok. Dasar negara sirik! Ingin jd negara besar tp tdk kesampaian makanya mendoakan negara yg besar supaya pecah2 jd negara2 kecil.

    • Saya harap Anda segera msk penjara. Perkataan Anda berbau subversif. Ingat itu! NKRI harga mati!

  41. sy yakin bahwa bla pemerintah timor leste.pada masa mendatang akan maju,karena negara timor leste adalah negara yang kaya degan sumber daya alam.terima kasih

  42. aku yakin,klu pemimpin tk masa ini lupakan korupsi tk kunjung lama timor leste akan maju,tetapi bila dalam otak mereka hanya korupsi,berarti mereka sendiri yg akan membudakan rakyat dan negara,sy sebagai rakyat dari negara itu,sy tdk suka pemimpin,,viva timor leste

  43. Pasti Bisa

  44. semua butuh proses dalam menciptakan suatu A strong nation dan TILES mempunyai potensi itu yang bisa dapat mengembangkan pertumbuhan ekonominya d’masa depan serta perkembangan-perkembangan di bidang lain,ada beberapa faktor yang mendukung TILES akan menjadi negara yang maju:1.Tiles mempunyai penduduk yang sedikit,tiles mempunyai sumber daya alam yang banyak,baik yang sedang di eksploitasi maupun yang belum,serta idiologi politik demokrasi yang notabene adalah masyarakt dunia sekarang menganut.tentu prospek kedepan untuk menjadi negara maju sangat menjanjikan.nah persoalanya bagaimana kita sebagai anak bangsa tiles bisa memanfaatkan dukungan tersebut?semua tidak akan tercapai bila kita tidak bersatu,itu kunci kita untuk mengapai impian yang besar.

  45. Komentar dari anda semua telah saya pahami, ada sindiran atau ejekan, ada perbandingan dan juga ada pemberian semangat, yang pastinya selama bumi berputar pasti ada siang dan malam hari. Saya salah satu putra Timor Leste mengucapkan terima kasih untuk semuanya dan menggangap argument anda semua adalah cerminan bagi kami dan tentu saudara kami Indonesia juga. Kita semua adalah segelintir orang yang peduli akan ke dua negara saudara ini dan di alam sadar, kita tahu bahwa seorang bayi yang baru lahir tidak mungkin langsung bisa berjalan. Itu terdapat dalam sejarah Indonesia dan yang terjadi di Timor Leste sekarang, bukankah demikian saudara-saudaraku?dulu, yang kami benci adalah para Militar/TNI, bukan Indonesia bukan pula rakyatnya. Bukankah anda juga pernah membenci dan meruntuhkan rezim Militar (Orde Baru)?makanya Indonesia tetaplah saudara tertua kami dan kami bukanlah kacang yang lupa kulitnya terbukti sampai sekarang masih terjalin kerja sama yang baik antar kedua negara, bahkan import terbesar kami datangnya dari Indonesia, mahasiswa kami banyak yang menimba ilmu di Indonesia dll. Lupakanlah masa lalu saudara-saudaraku, mari bergengam tangan menyonsong hari esok yang lebih baik. Kami rindu akan dikau, Hai… saudaraku INDONESIA…… “Longe da Vista do porto meu Coracao” (jauh di mata tetapi dekat dihati)…….

  46. belun ita nia nasaun atu sai hanesan nesaun ida nebee dezemvolveidu laos atu hare husi seitor rekursu natrais deit no itaboot nia analisa hare liu baa rekursu naturais keta ita boot ema politkika karik, no wainhira hau analisa ema plotika sira kuandu koalia hanesan buat ida nee tebes duni maibee analisa ida lia fuan plotika hanesan nee duni
    belun iha nia nasaun atu sai nasaun nee dezemvolve belun tenke hare seitor oin-oin okey henesan seitor siguransa, rekursu umana, ekonomia no seluk-seluk tan depois mak itaboot halo analisa selae itaboot nia analisa nee ba ema beik tein sira ba bele lee maibee ba ema intelektuais sira lae karik
    itaboot foti analisa barak liu husi nasaun seluk para ahu haforsa itaboot nia argumentasaun maibee ida nee laduun forti tamba preimero itaboot tenki hare uluk aspeito realidade nebee iha ita nia nasaun nee hanesan exempleaspeito hira mak iha boot hare atu halo komparasaun
    see ita boot nia analisa hare deit ba rekursu naturais diak liu labele publika iha online para ema husto lee okey
    hau nia sugestaun baa ita boot mak bainhira itaboot halo anilisa timor leste sai nasaun dezemvolvidu tenki hare klean labele hare badak sekuandu itaboot ema matenel no intektuais neka

    • saya pikir salah jika anda menulis dalam bahasa itu, ini forum berisikan orang indo dan TL, orang indo tidak mengerti bahasa ini.jadi saya pikir sia-sia anda menulis ini, karena saya (orang jogja) tidak mengerti bhasa anda.lebih baik bahasa ingris.

  47. aku merasa sangat bangga sekali dengan kekayaan alam yang kita punya saat ini, tetapi hal penting yang harus kita perhatikan untuk mempertahankan semuanya itu demi kepentingan kita adalah anak-anak leste lah yang harus memegang dan mengolah semuanya itu kalo tidak maka kebanggaan kita tentang semua kekayaan itu hanyalah mimpi karena nantinya para bugil-bugil, indian dan melayulah yang menikmatinya.
    belajar yang gait, bekerja keras

    viva a patria, timor leste!

  48. sekaran ini kita tahu negara timor leste merupakan negara kurupsi nomer satu di asia dan bagaimana negara timor leste menjadi negara maju maka oleh karna itu kalau menurut analisa saya tentang negara maju timor leste adalat harus meningkatkan sumber daya manusia di bidang-bidang tertentu misalnya meningkatkan sumber daya manusai di bidang perminyakan agar dapat meningkatkan penghasilan minyak-nya sendiri

  49. Timor Leste.. Kalian tidak lagi hidup di masa lalu (banyak tekanan, persoalan, pembodohan, diterlantarkan, dll.) Tetapi;
    Kalian hidup di masa sekarang dan untuk masa yang akan datang.
    Maju terus kembangkan potensi yang ada. Serta sikap hati yang tertuju kepada Tuhan. God Bless us

  50. HARAPAN DARI TULISAN DIATAS MENGENAI Analisa Potensi Timor Leste untuk menjadi negara maju.>>>>>>

    Saya rasa bahwa dari tonggak sejarahnya timor leste dalam mencapai hasil dari sebuah kemerdekaan sangatlah berbeda jauh dengan semua negara didunia termasuk indonesia dan negara-negara asia tenggara dan asia pacifik lainnya.
    Bayangkan 450 tahun dijajah oleh kolonialism portugis dimana SDM masyarakat timor leste bisa dikatakan sangat minim ditambah lagi dengan 24 tahun dengan pencaplokan NKRI merupakan salah satu sejarah yang tidak dilupakan oleh masyarakat timor leste itu sendiri.
    Namun selama 24 tahun masyarakat timor leste mengakui bahwa banyak pengalaman yang diperoleh pada masa bersama NKRI, namun hal yang perlu dipertanyakan bahwa tidak adanya Human Right pada masa itu yang menyebabkan 100% masyarakat tidak mau bergabung dengan indonesia dan juga dilihat dari latar belakang politik timor leste yang sudah disahkan di agenda PBB hal ini membuat indonesia melihat timor leste sebagai BATU KERIKIL YANG ADA DIBAWAH SEPATU.

    Berbicara mengenai kemerdekaan sebenarnya kemerdekaan yang diraih timor leste sudah diproklamirkan pada tanggal 28 November 1975 oleh partai fretelin, namun karena adanya konsepsi perbedaan kepentingan politik diantara orang timor leste sendiri yang ada pada saat itu yakni antara FRETELIN, UDT, APODETI, KOTA dan TRABALHISTA, maka dengan sendirinya Fretelin harus menerima dengan delapan dada untuk tetap mempertahankan kemerdekaan meski hegemoni latar belakang politik yang berbeda. Namun kondisi ini tidak menjadi faktor determinan untuk tidak berjuang dalam mempertahankan kemerdekaan yang telah digariskan oleh masyarakat dan Bangsa ini meski hanya 2% penduduk saja usaha untuk meraih kemerdekaan akan tetap diukir dalam lembaran sejarah walau dengan darah dan airmata melalui perjuangan kladestine oleh semua masyarakat timor leste itu sendiri.
    Namun usaha yang diperjuangkan telah diambang pintu, maka dengan salah satu jalan harus mengakomodir semua partai untuk berkonsolidasi bersama dengan berdirinya CNRM dan CNRT agar bersama-sama menyerukan kemerdekaan sampai ke tahap pasca referendum 1999 yang hasilnya mayoritas masyarakat Timor Leste menginginkan kemerdekaan.

    SAAT INI DAN DETIK INI>>>>>>>sesuai dengan tulisan diatas bahwa timor leste adalah negara yang paling terbelakang, namun perlu diingat bahwa terlepasnya timor leste bukan seperti negara-negara jajahan inggris, jepang, montenero dan kosovo dari jajahan serbia namun timor leste merupakan jajahan yang di ANAK TIRIKAN.

    Namun setelah meraih kemerdekaan ini semuanya harus mulai dari NOL inilah yang dinamakan dengan UKUN RASIK A’AN (INGIN BERDIRI SENDIRI).

    KE DEPANNYA:

    Timor Leste tidak akan pernah bermimpi menjadi negara SUPER POWER seperti amerika dan juga seperti negara-negara arab yang punya ladang minyak yang banyak tetapi banyak menimbulkan kontaminasi, Tetapi semua masyarakat Timor Leste dan Pemerintahan timor leste dan siapapun yang akan menjadi pemimpin nantinya sadar bahwa saat ini dan untuk ke depannya membangun suatu masyarakat yang bisa bekerja sama dengan masyarakat INTERNASIONAL dalam melaksanakan hubungan bilateral maupun multilateral. Hubungan ini tentunya perlu dipicu karena dilihat dari letak geografis Timor Leste yang sangat strategis diantara dua negara INDONESIA DAN AUSTRALIA.

    DALAM NEGERI :

    Berdasarkan tujuan pokok pembangunan nasional Timor Leste….>>>Pemerintahan mencanangkan prioritas pembangunan yakni Pendidikan, Pertanian, Kesehatan dan Infrastruktur disamping program-program pendukung lainnya.
    Hal yang perlu diberi jempol untuk pemerintah Timor Leste saat ini ada:

    Pertama……….melakukan expor-import secara bebas dengan pajak yang relatif murah…..sebagai contoh harga sembako di timor leste dibandingkan dengan jakarta dan bali lebih murah di Timor Leste hampir sama dengan di Jawa karena pajak yang masuk tidak dikenakan kecuali barang-barang elektronik dan pakaian. Hal ini adalah salah satu politik dari pemerintahan timor leste untuk membangun ekonomi masyarakatnya.
    Kedua…….. mengenai kesehatan semua masyarakat yang berobat gratis baik di klinik maupun di rumah sakit tanpa biaya apapun apabila ada penyakit yang tidak bisa ditangani akan dikirim keluar termasuk indonesia dan Australia.
    Ketiga……..Bagi yang usia lanjut 60 tahun ke atas dibayar oleh pemerintah untuk menunjang ekonominya sendiri.
    Keempat….Pemerintah mengusahakan untuk pengiriman pelajar/mahasiswa untuk sekolah/kuliah ke luar negeri bagi yang mendapatkan nilai terbaik akan di tanggung pemerintah termasuk pengiriman mahasiswa ke indonesia dan negara-negara lain sesuai rujukan dari pemerintah.
    kelima…..Untuk tahun 2012 diprioritaskan untuk infrastruktur jalan raya dan pembangunan gedung-gedung perkantoran.
    keenam…..fasilitas air bersih, listrik dan semua yang menyangkut kepentingan masyarakat dibangun oleh pemerintah maupun negara-negara pendonor.
    ketujuh…pemerintah sedang mengusahakan pipe line dari timor gap di tarik ke daratan timor leste.
    kedelapan…..selain minyak kopi juga merupakan export terbesar ke pasar-pasar di amerika, eropa dan asia termasuk singapur.
    TEMPO Interaktif, Jakarta:Produk ekspor Timor Leste diterima luas di pasar Eropa tanpa bea masuk.
    Para pengusaha Indonesia akan memanfaatkan Timor Leste untuk mengekspor produknya ke Eropa. Ini bisa dilakukan karena negara baru ini telah membuat kesepakatan dengan Uni Eropa untuk melakukan ekspor secara bebas.
    sembilan……hasil minyak akan dikelolah untuk kepentingan dan kemakmuran rakyat sesuai dengan yang diamatkan dalam konstitusi RDTL.

    LUAR NEGERI :
    menjalin hubungan kerjasama bilateral maupun multilateral dengan didirikannya konsulat dan kedutaan besar diberbagai negara untuk menjalin hubungan kerjasama dalam hal politik, ekonomi, kesehatan dan sosbud.

    Berdasarkan tahap-tahap diatas sesuai tulisan yang ada dapat ditanggapi bahwa masalah dalam suatu negara merupakan masalah intern negara tersebut yang diatur oleh konstitusi atau perundang-undangan seperti juga di negara-negara di dunia yang banyak terjadinya konflik dan kepentingan politik termasuk juga di indonesia. namun bagi Timor Leste sudah melampaui semua ini mulai dari konflik 2006/2007 menjadi hikmah tersendiri bagi pemerintah dan masyarakat Timor leste.
    Untuk sekarang ini menuntut semua masyarakat Timor Leste bisakah menjadi masyarakat yang pro aktif atau tidak dalam proses pembangunan karena semuanya akan diperhatikan oleh negara berkat hasil kekayaan minyak dan SDA yang lainnya.
    SEKIAN/TANGGAP

    • ahh masa

  51. kini TIMOR LESTE sudah merdeka dan konon katanya memiliki kekayaan yang melimpah… walaupun kenyataannya yang mana itu apa saya kurang tau… mahasiswa timor leste banyak yang belajar di indonesia sayapun sempat berbincang dg mereka… smg bisa berperan mereka…
    tahun 1999 lepas dari indonesia berarti sudah 13 tahun tanpa indonesia.. jika indonesia dulu 13 tahun merdeka sudah bisa apa za… he2
    tapi saya kira akan sulit dili 20 tahun lagi akan seperti jakarta..
    ketika baru merdeka saja jakarta sudah bangunan megah dan transportasi lengkap… dan bangunan megah jakarta itu sebetulnya 85 persennya adalah milik suasta SEPERTI APARTEMEN dll.
    sebetulnya dengan jumlah penduduk yang sedikit Timor leste pendapatan perkapitanya bisa lebih tinggi LO….
    SELAMAT BERBENAH TIMOR LESTE…

    • Saudaraku berbicaralah yang indah kalau kamu orang indonesia seharusnya hati-ati dalam berbicara…urus indonesia saja susah apalagi urusin negara orang……………..apa yang anda lakukan terhadap indonesia cuma duduk an menghayal…….

      • komentar anda bagus. do it, itu intinya.

  52. hatudo to’ok servisu makas sira, laos koalia bar-barak mak lori dezemvolvimento ba nasaun. hau tauk deit mak ita hotu kokotek hanesan manu inan atu tolun maibe iha ikus mai nia resultado ida oan deit…… diak liu ita hotu nonok hodi serviso hanesan Lenok ne’ebe nono…. nonok maibe tolun dala ida barak kedak…… precisa ita hotu reflete realidade hirak ne’e ba Rai Timor nebe nurak tebes halo ita hotu hadomi.

  53. Jornal Timor Post – Sabadu, 11 Fevereiru 2012

    woww…..sangat mengherankan royalti yang dikeluarkan oleh Bank sentral Timor-Leste (BSTL) pada hari jumat 10/02-2012) dengan report yang ada selama trimestre hasil celah timur mulai dari bulan september-december 2011 menunjukkan dana capital naik menjadi U$9.31,32 mil dibandingkan dengan sebelumnya bulan september 2011 U$8.903,10 mil. selain itu kepala departemen tersebut mensinyalir bahwa managemen Fundu Petroliferu BSTL, Venancio Alves Maria juga mengatakan bahwa total data U$860,96 terima dari konstribusi total U$34,089 Mil dan bayar royalty dari Nasional Petrolium (ANP) U$520,06 mil.
    Dari Invesment total U$54,29 selama trimestre ini berasal dari jurus kupon U$65,99 mil dan kenaikan nilai pasar U$11,70 mil.

    Namun dilain pihak Bank Sentral Timor-Leste (BSTL) masih memikirkan untuk melakukan study untuk membuat mata uang MOEDA yang akan dipublikasikan pada tahun 2015.

    semuanya ini tidak mengherankan apabila pemerintah harus memacu laju pertumbuhan ekonomi dengan baik sesuai planning, program, evaluasi dan sistem kontrol yang baik yakni dari semua unsur baik lembaga pemerintah, masyarakat, LSM dan lembaga-lembaga formal maupun informal lainnya agar yang dicita-citakan bagi tujuan pokok pembangunan nasional dapat terwujud sesuai konstitusi RDTL….NAMUN PERLU DIINGAT BAHWA PERLU STABILITAS POLITIK agar pelaksanaan pembangunan di timor leste dpt berjalan dengan baik. Sekarang saatnya untuk membangun.

    SAYA RASA SEMUA MASYARAKAT TIMOR LESTE SADAR AKAN HAL INI.
    VIVA TIMOR LESTE WE LOVE U/////?????????????????????????

  54. jgn mengada-ada donkk,indonesia tuuu udh baiik bgt ama itu TIMTIM,mreka j yg g tw trims,jalan,jembatan,bndara,pasar,pariwistt and prtmbgn siapa yg bgun,PRES SUHARTo kan???,co liat,mana potugal yg mnjjh mreka 450 thn ada mmbgn infrastruktur,
    diwktuu indonesia ekonomi ny baik mreka mau jd prov indonesia (ingt PROV indonesIIA itu kn mreka ndiri yg minta)
    nah,diwktu krisiss mereka ingin lepas,dsR TIMOR Lstte licikk.moga sjj hancur,miskin,terbelakang dan tersisih SLAMANYA,forever,slama-lamaaaany

    and yg buat artikel td,kn org INDONESIIIa,jd nyadar dirilah,nghina negrri ndiri,sAMAAA JHa kamu itu jilatin lobanG PANTAtt mu ndiri,
    kaloo emg mau,mnding kamu msuk jd wrg TIMTIM jhaa

    • Baik apanya.klw kmu jdi org tim2 pada msa tu,tntu kmu akn mrasakn sndri.org tim2 sndr aja mrasa sukar.apalg kmu.tntu kmu akn mrayap dng dada kmu untk mcari sesuap nasi.

      • ah masa….berlebihan deh…!!!

    • dri bahasa, anda ini mungkin serorang wanita, jika dugaan saya benar maka, anda bekas penghuni dolyy di surbaya, komentr anda tdk berdsar, ngawur, atau barangkali lontenya suharto, moerdani dan penjahat tni lainna, anda perlu bnyk beljr sejarah sehingga bisa mmbri koment yg msk akal.

      • anda juga seharusnya belajar berkomentar yang benar, apa panas komentar anda itu di dengar? enggak woi, ngaca dulu sebelum ngomong.

      • Saya orang papua tidak pernah merasa terjajah. Otsus banyak, kesehatan dan sekolah gratis. Di bandingkan sdm timor, kami jauh lebih maju. Magister tidak terhitung. Di bandingkan timor, sda kami sudah di eksplorasi dan belum habis sampai sekarang. Beda sama timor yg bangga sama sda yg belum jelas. Saya cinta indonesia, sda timor dibandingkan dengan pulau butun, madura, atau pulau kcil lalainnya masih nihil.

    • Setuju, bung! Mereka yg komen dgn nada merendahkan negara sendiri di dpn org2 Timor Leste hrs dicabut kewarganegaraannya trs dibuang ke Timor Leste.

  55. saya orang chiness indonesia dulu pernah tinggal di manatuto dari tahun 1996 sampai tahun 1999 . saya sangat rindu sama saya teman yang di manatuto jika ada yang masih ingat saya tlg balas kesini . nama saya chandra wandi dulu saya di TOKO TIMUR JAYA . saya selama tinggal disana sangat bahagia walaupun kadang2 menakutkan tetapi bagi saya karena orang timtim sangat baik . memang saya lihat kalau mau maju timtim harus butuh kerja keras dan saya percaya bisa asalkan mau dan jangan putus asa .

  56. kami telah meraih harapan dari derita selama kurang lebih 500 tahun di bawah penjajahan, kini mimpi kami tercapai, wahai saudaraku baik indonesia maupun Timor Leste lupakanlah seluruh kedengkian kita kuburlah dalam-dalam sifat dendam kita marilah kita saling memafkan, saling membantu menuju dunia baru Viva Timor Leste-Viva Indonesia apapun itu indonesia saudara tua kita

  57. sebuah negara maju membutuhkan SDM yang maksimal agar di masa depan TIMOR LESTE juga bangkit seperti negara-negara di belahan dunia, tapi ada faktor yang menghambat TL yaitu politik yang merusakan bukan membangun. maka perlu masyarakat TIMOR LESTE pahami lebih-lebih para Generasi, untuk bangkit, agar menghentikan kekerasaan di Negara kita TIMOR LESTE.

  58. Utk apa kita saling menjatuhkan dan menghina satu sama lain……Timor leste miskin dan terbelakan baik SDM, SDA tp itulah konsekuensi dari kemerdekaan…..negara yg baru melihat terang…tidak akan luput dr broblem-2 kehidupan bermasyarakat dan bernegara…Indonesia menjadi negara berkembang..itupun merupakan suatu proses pencapaian yg panjang….mari kita belajar saling menerima dan menghargai satu sama lain…..Indonesia adalah saudara tua timor leste….kami tetap menharapkan bimbingan dan dukungannya, agar Timor leste bisa menata masyarakat dan negaranya dengan baik..

  59. Menurut saya masalah kekerasan bukan hanya Timor Lsete kekerasan jauh lebih dahsat di Indonesia, coba ke Timor Leste sekalupun jalan-jalan sepanjang jalan yang sepi tidak ada perampok, naumun di Indonesia sangat-sangat dahsat. Sehingga orang-orang dari negara-negara lainpun melirik di Indonesia sebagai temapat menabur kekersan yang ideal oleh mereka. Indonesia memang maju dalam instruktus pemerintahnya, tapi negoklah saudara-saudara kita masih jauh di bawak garis kemiskinan. Contohnya hanya demi bantuan saja masyarakat rela mati terhimpit dan diinjajk-injak sesama manusia.

    • Indonesia tanah air kita
      Yang dulu dipuja-puja bangsa
      Berjajar pulau-pulau dalam satu nusa
      Beragam penduduk dan budaya
      Menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika
      Indonesia negeri yang kaya..
      Sumber daya alamnya melimpah..
      Tapi mengapa hutang negara juga meruah..
      Lalu mengorbankan rakyat untuk membayarnya.,?
      Kini aku pun bingun harus memilih siyapa persiden Nya”
      yg bisa mengsejahterakan rakyatNya.,aku sebagai orang kecil..
      hanNya bisa mengeluh dn bertahan hidup apa ada Nya Aku salut optimis Nya para orang2 timurleste tuk memajukan negriNya..
      kini indonesia jayaku entah kemana seolah nama besarmu hilang di matakami.

      • indo masih diperhitungkan dunia,masuk anggota g20(20 negara dengan ekonomi terbesar,kalau gak salah nomer 15)dan terbesar se asean.dan diprediksi akan bergabung menjadi salah satu negara BRIC and indonesia

  60. saya mesti bangga sama negaraku walaupun itu smua adl hianaan namun itu adal kenyataan yang harus saya hadapi. sudah lumayan walaupun dikatakn miskin dan belum punya bangunan yang mewah tapi sulit ditemukan masyarakatnya yang tinggal dibawah jembatan, thank’s for all comments

    • di ingris sekalipun masih banyak penegemis.jadi saya rasa hal tersebut wajar menghantui kota besar dan negara dengan populasi besar.

    • oh ya sekali lagi, timles masih sedikit penduduk,coba kalau penduduknya banyak diwaktu sekarang,boro2 jembatan,tidur beratpkan langitpun hal tersebut sangatlah mungkin.

  61. menurut pendapat saya bahwa pembangunan yang sudah di jalankan di negara timor leste harus menambah karena masyarakat kita belum puas tentang pembkarangunan yang sekarang ini masih jalan di negara kita,seperti jalan raya tidak memmuas sekali karena kita lihat seperti tambal ltuat bang.tetapi kualitasnya sangat tidak memuaskan masyarakat kita,bahwa jalan raya itu tidak ada kualitasnya sama sekali karena kita tambal sekarang beusok sudah rusak……………………………………..
    bagai mana kita menyatakan bahwa pembangunan maju??????

    • Jangankan di Timles, di Indonesia saja masih banyak jalan raya yang berlubang. Bukan hanya di daerah tapi juga di kota2 di Pulau Jawa.

      • suryono betul bro jangankan jawa di batam aja simi mawon kita harua sadar lah

    • ya semua kan ada otonomi daerah, makanya pilih bupati atau walikota yang bener.

  62. Belajar dari kesalahan Indonesia… Pemerintah Timles harus sedikit “jual mahal”, saya yakin timles bisa jauh lebih sejahtera dari hari ini. Yang paling penting adalah tidak ada pejabat yang korup dan rakyat bersatu.

  63. saya produksi benih sayuran : kangkung, bayam, sawi, kemangi. adakah yang bisa bantu saya untuk memasukkan produk saya ini ke timor lorosae..? alex, deltanindo sidoarjo-jawa timur. tlp : 081230011488

  64. sebagai negara baru aspek utama yg harus di jalankan adalah meningkatkan SDM. Dg adanya SDM maka segala aspek yg ada kita dapat menjawab.

  65. Timur leste boleh menjadi negara maju..sekiranya ada pemimpin yang jujur… dan rasuah harus dihapuskan..semua rakyatya harus bersatu padu… konflik juga harus dijauhkan….

  66. Hi kakak kenapa kau ejek aku, bukannya kita pernah seatap?? kenapa kau hina aku !! sementara telah kulupakan semua masa kelam?? “I Just want to be myself”. thats it.

  67. Doakan kami agar Acheh bisa mengikuti jejak TL secepat mungkin, bebas dari penjajahan Indonesia jawa di jakarta. Tiada kata seindah MERDEKA!!

    • GAM sdh bubar, bung! Hasan Tiro aja sdh jd WNI sblm meninggal. Anda sdh tidur sjk dr thn brp?

  68. Negara Timor Leste Tidak Akan Pernah Menjadi Negara Maju,,, Karena Kita Harus Menghitung Dulu Berapa Pendapatan Capita Timor Leste,,, Kalau Diatas $5000 Itu Baru Dibilang Negara Maju,,,$5000 Dolar Itu Harus Di Kalikan Sama Seluruh Penduduk Timor Leste,,Baru DI Bilang Negara Maju…

    • betul tu,,,padahal negara mereka punya penduduk yang sangat sedidik,jd kemungkinan perkapita tinggi sangatlah besar seperti brunei.ayo timor…mumpung belum mengalami ledakan penduduk.

    • saudaraku..cuman $5000 dolar pertahun itu sangatlah kecil sekarang,,$5000 itu skrg di TL tdk ada gunanya….

      • Bro ngrti tdk pmbhsan soal $5000 itu…mmg $5000 itu tdk ada arti untk org yg punya…tp ngra TL mmpu tdk mmpunyai pendptn $5000 di klikn perpnduduk…apa TL punya pndptn sbnyk itu..

    • semua butuh proses bro, ngga mungkin tiba-tiba menjadi besar. tapi anak SD saja tau kalau peluang timor leste menuju kesana sangat besar karena jumlah penduduknya tidak sebanyak penduduk indonesia.
      Indonesia susah maju karena mental penduduknya yang sok pintar dan susah diatur. Keep Calm and Imagine!

  69. saya optimis bahwa negara timor leste bisa nejadi negara makmur yang rakyatnya hidup sejahterah dan berkecukupan. hal ini bisa menjadi realita di masa mendatang, sebab sebuah negara baru dan memiliki banyak potensi sumber daya alam yang belum di olah. yang terpenting adalah negara ini kedepanya, benar-benar memiliki para pemimpim yang visioner dan lebih memihak kepada kepentingan rakyat. indikasi negara timor leste menjadi sebuah negara yang maju, juga perlu ditekankan pada sistem pengendalian angaran negara atau kontrol yang lebi efektif dan efisien.

    • untuk mjd sebuah negara yang makmur bukan suatu hal mudah, namun kita tetap berharap supaya kesejahteraan rakyat yg mjd tujuan utama pembangunan nasional dapat terwujud. karena yang mjd indikator kemajuan sebuah bangsa salah satunya adalah kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat. yang terpenting mulai saat ini haruslah dibangun sistem pemerintahan yang benar-benar bersih dan itu tidak mudah, jadi pemimpin sat ini maupun yang akan datang harus selalu punya komitmen keras untuk berjuang memberantas KORUPSI dalam bentuk apapun, dan itu tidak boleh di tolerir.
      Untuk itu demi kepentingan masyarakat bayak negara harus berani mengambil tindakan, jangan takut pada institusi !,,apalagi individu,,,!,,,,,,,,

    • makmur di alam mimpi kali.. tanah timour timur gersang..
      untuk mendapatkan minyak murah pun rakyat timor harus mencuri ke dekat perbatasan INDONESIA.. karena hrg minyak di TIMOR TIMUR tidak dapat dibeli oleh warganya

  70. Wahai anak indonesia yg ms ingusan sblum mnghina,atau mrndahkn,buka mata dan pndanglah negara sendri

    • setidaknya INDONESIA masih lebih mandiri ketimbang kalian..
      baju kalian saja MADE IN INDONESIA.

    • WAHAI ANAK TIMOR TIMUR YG MAS INGUSAN SEBELUM MENGHINA, ATAU MRNDAHKAN, BUKA MATA DAN PANDANGLAH NEGARA SENDIRI

  71. Viva timor….wlaupn mati tgal 1 org,tetap ukun rasik an.tuhan berkatilah negaraku.
    Hodi padre,hodi vilu esperito santo sira nia naran
    AMEN

    • hahah kalau tinggal 1 orang ya gak boleh mendirikan negara dong….siapa yang jadi pemimpin trus siapa rakyatnya.itukan syarat sebuah negara.hahahahahahaha ada2 aja.

      • 1 org bagi kami adalah 1ras, 1 jiwa, 1 tujuan,1 budaya yang beda sekali dengan negara tetangga,,,

      • iya, bener negara tetangga beda ras, suku, budaya, agama, tapi tetap satu Bhineka Tunggal Ika

  72. VIVA TIMOR LESTE…
    Timor hau nia rai….
    Timor Hau Nia Murak…
    Timor Rai Riku Nain…
    Penderitaanmu Kini Tlah Usai….
    Bangkitlah,, Tunjukan Pada Dunia…
    Biar kecil, Anak – Anakmu Tidak Ada Yang Terlantar….

  73. jangan saling mengejek donk kita ini pernah menjadi satu negara. apa lagi banyak koment yang menentang kekuasaan NKRI seperti yang di Borneo dan NAD ya walaupun cuma sebagian saja yang berpikir begitu, tidak seluruhnya orang Indonesia itu miskin loh buktinya tinggal 25% yang miskin. aku bangga tanah airku, jika merunut sejarah sebenarnya kami rakyat Kerajaan Pagaruyung memang ingin bergabung dengan NKRI dan itu terbukti walaupun sekali setahun aku Pulkam ke Padang tetapi di situ tampak jelas apa yang telah di dambakan oleh rakyat Pagaruyung. kami bangga jadi rakyat NKRI dan kerajaan Pagaruyung. saya lihat masih banyak tuh orang2nya TL berobat ke NTT. karena di sana yang ada cuma bangunan rumah sakit bekas TNI yang hanya di gunakan untuk Militer saja. Pangan juga dari Indonesia dan BBM juga dari Indonesia, janganlah kita saling mengejek. ya walaupun banyak yang menghina NKRI kami tetap rakyat NKRI. Jika kalian menghina NKRI yang warga negara Indonesia berarti kalian menghina perjuangan para pahlawan, bangsa yang maju adalah bangsa yang menghormati para pahlawan bangsa. Tadi ada yang bilang penderitaan rakyat TL lebuh parahan lagi hidup pengungsi TL di Indonesia, mereka tetap ingin menjadi rakyat Indonesia, harta mereka telah di jarah oleh pemberontakkan TL kepada Indonesia. apa itu kemerdekaa yang kalian maksudkan. Bukan hanya luar Jawa saja yang miskin buktinya masyarakat yang ada di pulau Jawa juga miskin. kami Riau tidak pernah berpikiran untuk memerdekakan diri dari Indonesia. Oh ya tadi ada yang menginginkan Negara Indonesia berubah menjadi federal itu tidak mungkin terjadi, karena kultur politik Indonesia tidak cocok dengan itu. itu tertulis di buku sejarah kelas sembilan SMP atau IPS terpadu Erlangga. I LOVE MY COUNTRY INDONESIA dan aku cinta bahasaku BAHASA INDONESIA yang telah di pelajari di 40 negara dan menjadi bahasa kedua yang di pakai di Vietnam yang selalu di entengkan dalam UNAS yang menyebabkan banyak anak yang ga lulus. Bangsa yang maju adalah bangsa yang mencintai Kultur budayanya dan bahasanya. Thanks. Aku kangen Indonesia di sini dingin.

    • Sorry broo TL itu serba gatis,,klo di indo.rumah sakit Gratis gk ada broo.., Di Timor Leste tidak ada pengamen dan pengemis ….

      • hahaha bro pendapatan sebulan pengamen sama pengemis di INDONESIA sama dengan pendapatan satu tahun rakyat TIMOR_TIMUR.. wkwkwkwkw

      • kalo memang gratis kenapa masih banyak rakyat TIMOR TIMUR yang berobat ke JAKARTA,, TANYA KENAPA?

      • Saya orang papua bahagia karena otsus merata. Sdm papua jauh diatas timor, magister sudah banyak tak terhitung. Sda pun kami sudah jelas punya freeport, sudah tereksplorasi dan di akui sebagai tambang terbesar di dunia. Bukan seperti celah timor yg mungkin kalah di banding jerigen minyak tanah, begitu pun kami masih punya kalimantan sumatera dan sulawesi yang kaya sda, dan sdm yg jauh lebih maju. 1 padu bangun papua untuk indonesia.

  74. saya pernah hidup dan tinggal di Timor Lorosae selama sepuluh tahun, sekarang di Timor Loro sae telah merdeka saya berharap Timor loro sae lebih maju dari sebelumnya, salut denga spirit warganya, optimis saya kalau Timor Loror sae akan lebih maju, dengan satu syarat tetap rukun dengan sesama saling menghargai, hidup sederhana dan yang terpenting pejabatnya jangan korupsi, jangan jadi borjuis dan hedonis ……….

  75. meski TL belum maju tapi apakah patas kita mengatakan TL “miskin”. Kita mengatakan mereka miskin pahahal di negara kita juga masih banyak yang melarat, busung lapar, makan nasi aking. janganlah kita sombong , jadi orang indonesia saja kita merendahkan TL, apalagi klo jadi orang Amerika !

  76. :: I GEDE AGUS INDRA ::

    saya sangat bangga dengan apa yang telah diperjuangkan oleh saudara2 kita di timor leste.
    banyak sekali kekayaan alam di timor leste yang menjadi modal untuk berkembangnya timor leste.
    jangan ada lagi pertumpahan darah di timor leste.
    sekali merdeka untuk selamanya.

    note : segera berkembang dong pariwisatanya.
    biar ada trip ke dili hehehhehehehe

  77. apa hambatan yang dialami negara timor leste dlm membangun perekonomian nya??

    • Timor Leste sekarang sudah berumur sepuluh tahun. Sepuluh tahun adalah umur yang relatif singkat dan pendek, namun dalam satu dekade ini bukalanlah petualangan yang gampang untuk memajukan aneka sumberdaya. Kenyataan sekarang Timor Leste dihadapkan pada pelbagai krisis yang menuntut para pemimpin negara dan masyarakat untuk berjuang keras menghadapai situasi ini. Kemiskinan adalah kenyataan besar yang sedang melanda Timor Leste. Tantangan ini harus ditanggap bijak oleh para petinggi negara dan semua masyarakat. Karena itu pentingnya kerja sama antara pemerintah dan massyarakat. sikap saling mendukung dan percaya hendaknya dilestarikan secara terus menerus. hindari Pelbagai konflik sebab konflik tidak akan memberikan kemajuan pada negara.Para petinggi negara hendaknya menjadilah pelayan. Hal paling buruk dalam hidup suatu negara itu bukan karena menderita ketidakadilan, kesengsaraan, kemiskinan, dan tangisan rakyat, melainkan melakukan ketidakadilah,.Doa ku untukmu Timor Leste tercinta

  78. Semua negara maju bermula dari negara meskin.. yang peling penting adalah ada kesatuan di kalangan penduduknya dan ada pemimpin yang berdiri untuk pembangunan negara bukan berdiri untuk kepentingan peribadi..

    • Mau imbor Bahan Pokok dari Indonesia itu pun beli dengan uang bukan minta secara gratis mana ada proses expor dan impor gratis. Bro mau bilang TL itu miskin tapi udah bisa Mandiri cari uang untuk membeli keperluan/belanja negara.

  79. dan suatu saat NTT akan berdiri menjadi negara TImor Raya

    • NTT Adalah bagian NKRI mereka bisa berbahasa Indonesia, Mungkin mereka tidak memikirkan kemerdekaan tetapi mereka memikirkan bagaimana agar bisa semaksimal mungkin memajukan Provinsi NTT dan Juga NKRI.
      Janganlah kalian menghina Indonesia kalian Import sembako dari NTT (NKRI) BBM dari NTT (NKRI) sadarlah

    • Ngimpi! Kalian dulu bangun kantor imigrasi di atas wilayah Indonesia aja org2 NTT sdh siap bw parang buat bacok kalian. Apalagi gabung sama kalian? Gak sudi tau!

  80. Sebuah pilihan, perjuangan dan akhirnya harus bertanggungjawab atas pilihan. itu adalah konsekuensi. jika semua bisa dijalankan dengan baik terutama mempersiapkan SDM yang handal yang mampu menjawab tantangan Global maka bukan tidak mungkin Timor Leste suatu saat nanti bisa melebihi Singapura. apalagi kalau dilihat dari potensi pariwisatanya yang menjadi segmen pasar kelas menengah ke atas internasional (nilai jualnya tinggi) akan mampu menarik investor luar negeri untuk berinvestasi di Timor Leste. Yang terpenting adalah SDM yang handal untuk menciptakan sebuah konsep pembangunan dengan orientasi pariwisata dan mampu untuk mewujudkannya. So, pendidikan yang menjadi prioritas utama Timor Leste untuk saat ini. VIVA TIMOR LESTE!!!

    • Membangun Bangsa itu tidak segampang yang anda pikirkan. apalagi baru merdeka. Ingat membngun suatu bangsa itu sulit

    • Bagus Mas Andry untuk komentarnya dan disini saya mau menambahkan untuk SDM harus di landasi oleh perilaku yg baik ( Jujur,bersatu tdk melihat taraf hidup dan selalu do’a/ingat kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas Segalanya agar negara Timor Leste bisa berkembang pesat.Sudah ada contohnya apabila negara yg SDM nya tdk di landasi dgn akhlak yg baik. wassalam ……

  81. Magnificent beat ! I wish to apprentice while you amend your site, how
    could i subscribe for a blog site? The account helped
    me a acceptable deal. I had been tiny bit acquainted of this your broadcast
    offered bright clear concept

  82. Udahlah jangan suka menghina bangsa lain, sebab Tuhan maha adil semakin kita merendahkan diri Tuhan akan meninggikan kita, biarlah bangsa TL selalu dihina, tapi ingat Tuhan selalu diphak kita,,saudaraku orang Indonesia,berhentilah menghina bangsa sekecil TL,uruslah penderitaan rakyat Indonesia yang menderita oleh berbagai bencana datang silih berganti, mulai dari banjir, gempa bumi, tsunami, gunung berapi. belum lagi perang antar suku yg terjadi di seluruh pelosok nusantara,,,bisakah saudara menyadari itu?????

    • Terima kasih saudaraku! Anda adalh orang yang masih memiliki hati untuk memahami perasaan orang yang dihina. Harus disadari bahwa di atas langit masih ada langit. Jangan pernah merasa diri lebih hebat tapi apa yang saudara lakukan itulah saudara akan tuai…….

  83. Heran, bandingin Timor leste sama Indonesia ya ngk cocok lah, gajah kok dibanding-bandingin sama semut.. indonesia itu besar, dan terpecah dalam ribuan pulau, bukan separuh pulau! negeri berpenduduk 1/10 jakarta, 1/5 singapura kok dibandingin 250 juta orang dengan perbandingan infrastruktur indo banyak yang rusak, orang2 tinggal di kolong jembatan, pengemis, hutang luar negeri indo dan lain-lain! apa korelasi dan maksud dari pembandingan semacam ini? ngk cuma Indonesia doang yang punya fenomena seperti itu, negara maju pun macam USA juga punya hutang luar negeri.. itu terjadi di hampir seluruh dunia kok…at least negara ini belum pernah masuk index failed state..

    mau maju ya maju aja sana kembangkan dengan bukti bukan mimpi.. tidak usah menghina perkembangan indo saat ini, pas masa timor timur ngomongnya dijajah tapi ya toh ngerasain pembangunan di sana sini juga.. tak ingat indo bantu kalian untuk masuk asean meski ditolak singapore vietnam myanmar dan lain lain? tak tahu jika subsidi bbm indo jg dinikmati segolongan rakyat timor leste saat ini?

    http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2012/10/25/133751/2013-Timor-Leste-Masuk-Jadi-Anggota-ASEAN

    http://www.suarapembaruan.com/home/ratusan-mobil-timor-leste-menggunakan-bbm-bersubsidi-di-ntt/23277

    banyak forumer kedua negara omongannya menghina jawa dan jawa seakan-akan seluruh jawa bersalah, jakarta itu bukan pusat jawa, seluruh suku bangsa indonesia juga hidup dan bekerja di sana (lihat pasar tanah abang) termasuk pemerintahannya, apa seluruh pegawainya orang jawa? tidak kan? kenapa sensitif terhadap jawa, seluruh tentara indonesia jawa kah? apa karena presidennya semua orang jawa? apa salah orang jawa sampai harus mendapat stereotype seperti itu?

    masterplan pembangunan MP3EI indonesia (semacam repelita di jaman soeharto) saat ini justru 67% uangnya diarahkan pada pembangunan indonesia timur, dana investasi tersebar di koridor Sumatra sebanyak Rp62,533 triliun, koridor Jawa sebanyak Rp115,774 triliun, koridor Kalimantan sebanyak Rp108,878 triliun, koridor Sulawesi sebanyak Rp100,738 triliun, koridor Bali dan NTT sebanyak Rp43,273 triliun, koridor Papua, Papura Barat, Maluku, dan Maluku Utara sebanyak Rp204,56 triliun.

    jangan terlalu optimis, tantangan memakmurkan sebuah negara adalah jalan yang tidak semudah membalik telapak tangan! analisa tanpa usaha nyata ya hasilnya = nol

    *saya bukan orang jawa, hanya etnis minoritas

    • bener brow !!kayaknya yg koment diatas justru nggak ngerti masalah ekonomi!!kenapa TL nggak punya hutang ??bukannya karena mereka kaya justru sebaliknya ??siapa yg berani kasih hutang ??karena org yg kasih hutang juga harus bisa pastikan negara yg mereka hutangin bisa pulangin/ cicil hutang itu!!makanya ada index terhadap hutang!!gampangnya contoh :jelas org kaya pasti lebih banyak hutang dr org miskin bukan sebaliknya!!kira2 kalau org miskin (nggak punya aset ) datang kebank dikasih hutang nggak??pasti nggak kan??sebaliknya klaua org kaya!!

    • Sebagian besar materi blog ini adalah mimpi dari sang penulisnya, dirangkum dalam sebuah blog tanpa melakukan survey menyeluruh tentang kondisi negaranya saat ini. Sekarang andaikata TL mau bangkit dan maju, ga usahlah jelek2in orang Jawa. Potensi Jawa dibandingkan Potensi TL beda jauhh…..

  84. Ya Timur Leste baru merdeka 10 tahun masih harus tetap dilakukan untuk kemajuan negerimitu, kalau dibandingkan dengan Indodesia katanya sudsah maju, tetapi sayang ya banyak pengemis dimana-mana dan masih banyak yang tidur dikolonganm jembatan…?

    Jadi ya hebat Timur Leste dibandingkan dengan Indonesia katanya yang kita dengar negara besar kaya dan makmur…? tetepi mengapa masih banyak pengemis dimana-mana, dan banyak sekali perampokan terjadi dimana-mana dan penipuan banyak dilakukan…?

    Dimana kemakmuran bangsa Indonesia…? hanya kata-kata seboyan terdengar hebat tetapi kemiskinannya terlihat….ya masih hebat negara Timur Leste dong dari pada Indonesia

    • hebat semuanya, Timor Lorosa’e hebat, Indonesia juga.

    • KEMAKMURAN DIALAM MIMPI YA MR.
      KALAU MEMANG MAKMUR KENAPA ADA RAKYAT TIMOR TIMUR YANG MENCURI MINYAK DI WILAYAH INDONESIA.

      INDONESIA MERUPAKAN NEGARA MITRA DAGANG TERBESAR DI TIMOR TIMUR BUKAN DEWA KALIAN PORTUGAL
      SEANDAINYA SAJA INDONESIA MENGHENTIKAN HUBUNGAN DAGANG, TIMOR TIMUR DIPASTIKAN MENJADI PENGEMIS. SERTA HARUS MENGEMIS KEMBALI KEPADA PORTUGAL SANG DEWA ORANG TIMOR TIMUR..

      PIKIRKAN BAIK-BAIK NAK!!

  85. How did you pick up the ideas to compose ““Analisa Potensi Timor
    Leste untuk menjadi negara maju Asepeasttimors
    Weblog”? I appreciate it ,Arnoldo

  86. saya percaya bahwah 8 tahun yang akan datang pasti timor leste sudah ada kemajuan.zito lahomea

  87. Halo teman-temanku..Sangat menarik bila membaca semua tulisan anda. Saya sangat bahagia karena kalian mempunyai ide-ide yang sangan brilian. Akan tetapi saya kecewa bila kalian saling menghina satu sama lain. Bukankah kita ini pernah memiliki satu ideologi, satu hati ??KIta wajib memberikan pelbagai tanggapan tapi kita harus tetap mendukung satu sama lain. dengan demikian kita bersama-sama berjuang membagun bangsa kita masing-masing.thanks

  88. Hanya satu kata”Korupsaun hamos iha timor leste nia laran” ita timor oan bele sai nasaun nebe riku lalai iha mundu raiklaran…..

  89. aku sangat mendukung TL atas keputusan dan kegigihanya untuk berdiri sendiri.
    saya yakin TUHAN YESUS akan selalu melebarkan tangan kasih-NYA dan akan memberi kekuatan untuk TL dalam membangun negaranya..kita jelas tahu bahwa TL adalah negarar yang baru merdeka jadi wajar -wajar saja masih tertinggal..tapi aku yakin 20 tahun kedepan mereka akan memperlihatkan hasil usahanya ..
    dengan doa.kasih,keyakinan,usaha,kesabara,dan teguh memegang komitmen untuk memajukan negara TL.
    Yakinlah pasti akan ada jalan keluarnya…
    meskipun aku seorang warga negara indonesia, namun aku sangat menghargai keputusan TIMOR LESTE. untuk berdiri sendir..
    TUHAN YESUS memberkati kalian semua … :)

    • apapun yang terjadi di timor leste itu adalah urusan dalam negeri timor leste sendiri. kaya atu tidak bukan tujuan utama bangsa manusia tapi bagaimana orang memaknai sebuah kekayaan. saudara-saudaraku yang ada di indonesia, janganlah terlalu kuatir tentang timor leste. biarlah timor leste berjalan dengan kakinya sendiri, merayap dengan perutnya sendiri dan berpikir dengan otaknya sendiri. bila kita menoleh masa lalu, kita adalah orang awam yang tidak berdosa menjadi korban para elit politik. mari kita bersama-sama membangun persaudaraan untuk saling membantu, saling bergandengan tangan untuk meraih kejayaan umat manusia bersama baik yang ada di timor leste maupun di indonesia. jayalah timor leste dan terbanglah indonesia………

    • james, 26 aprl 2013
      makasih ya tina buat dorongannya, saya sebagai warga negara Timor-Leste yakin bahwa 20 tahun mendatang TL akan menjadi s’perti yang tina bilang…. semuanya akan berjalan sesuai kehendak Tuhan.
      sebagai warga negara TL pekrjaan saya adalah doa, dan trus berdoa untuk kepemimpinan Negara TL supaya keputusan yang suda ada bisa berjalan dengan baik, aku percaya bahwa Tuhan Yesus akan campur tangan dalam keputusan ini.
      20 tahun mendatang kita akan lihat hasilnya…..

      • yahhh,sekarang ini Timor-leste bukan yang dulu lagi,,,,,
        !etapi tls ,,,,,,sudah menjadi negara yang ingin menentukan nasibnya sendiri

  90. Puji Tuhan…Aminnnnnnn….!! pokoknya kita lihat saja 10 tahun ke depan pasti akan jauh lebih berkembang di banding sekarang terlebih sektor pariwisata yang ada di Timor Leste….sehingga yang perlu di ingat adalah sumber daya manusia untuk operasionalnya maka untuk menghadapinya perlu persiapan yang jauh lebih matang atau membekali diri sekarang agar mudah terkendali khannnnn……??????? Mari kita bersatu untuk mewujudkan kreatifitas bagi pengembangan masa depan Timor Leste lebih cerahhhhhhhhhh……..ok ? VIVA TIMOR LESTTE.

  91. SOSIAL, EKONOMI, POLITIK DAN KONDISI KEAMANAN.

    Menurut laporan terbaru UNDP tahun 2011 tentang Pembangunan Manusia, Indeks Pembangunan Manusia di Timor-Leste untuk tahun 2010 adalah 0.502, ini berarti masuk dalam kategori medium dalam pembangunan manusia. Pada tahun 2005, Indeks Pembangunan Manusia adalah 0.428 dan pada awal kemerdekaan pada tahun 2002 adalah 0.375.

    Kami telah bergerak lebih maju dari beberapa anggota lama ASEAN seperti Kamboja, Laos, dan Myanmar, dan kami hanya berada di belakang Vietnam untuk pembangunan manusia. Dari 169 negara, Timor-Leste berada di ranking 120 di atas Laos (122), Kamboja (124) dan Myanmar (132).

    Timor-Leste juga berperingkat lebih tinggi dibandingkan Papua New Guinea (137) dan sebagian besar negara Sub-Sahara Afrika; terutama Kenya (128), Nigeria (142), Angola (146) dan Mozambik (165)

    Pendaftaran Sekolah melonjak tajam dari 63 persen pada tahun 2006 menjadi 82,7 persen pada 2009. Beberapa daerah yang padat penduduk seperti Oecusse, Manatuto dan Atauro dalam 2 tahun terakhir ini telah bebas buta aksara. Singkatnya, Timor-Leste akan terbebas dari buta aksara pada tahun 2015.

    Tingkat kematian anak dan kematian bayi di bawah usia lima tahun, demikian juga angka kematian ibu pasca melahirkan, telah berkurang separuhnya. Penyakit malaria, demam berdarah dan kemiskinan telah menurun secara signifikan dalam empat tahun terakhir. Menurut WHO, Timor-Leste, dengan 1 kasus penyakit kusta per 10.000 penduduk, kini dinyatakan bebas dari penyakit yang telah berbilang abad ini.

    Laporan UNDP 2005-2010 menunjukkan, harapan hidup dari setiap kelahiran anak manusia di Timor-Leste telah meningkat dalam 2 tahun terakhir dengan rata-rata 62,1 tahun. Dalam periode yang sama GNP/PNB per kapita meningkat 228 persen dengan capaian US $ 5000.

    Timor-Leste tidak mempunyai utang luar negeri, dan menurut Buku Saku 2010 dari The Economist, Timor-Leste memiliki surplus tertinggi di dunia lebih dari 280 persen sebagai
    persentase dari PDB. Ekonomi kita terus menunjukkan pertumbuhan yang kuat selama empat tahun berturut-turut, dan masih menurut The Economist, Timor-Leste termasuk salah satu di antara sembilan ekonomi yang paling cepat berkembang di dunia pada tahun 2011. Situasi politik di Timor-Leste dalam beberapa tahun terakhir telah stabil. Di sisi keamanan, berbeda
    dengan beberapa negara di kawasan Asia, Timor-Leste tidak pernah mengalami konflik etnis atau agama, kejahatan terorganisir ataupun pemberontakan bersenjata. Seperti Singapura dan lain-lain pada awal kemerdekaan, Timor-Leste memang pernah mengalami konflik politik dan sosial, dimana kekerasan sporadis sempat pula berkobar. Namun, kami telah mengatasi semua itu dengan cepat, itu memang sesuatu yang khas dalam Pembangunan sebuah Bangsa, dan kami telah pulih dari masa krisis yang berlangsung singkat itu dan semakin kuat sekarang

    Lembaga Transparansi Inisiatif Industri Ekstraktif (EITI) yang berbasis di London menempatkan Timor-Leste sebagai yang terbaik di Asia, dan ketiga di dunia, terkait akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan sumber daya minyak bumi. sebagaimana ditunjukkan UNDP dalam Indeks Pembangunan Manusia, termasuk soal Transparansi dan pemerintahan yang baik (good governance).

    Dalam mewujudkan pemerintahan yang baik dan transparan, dan untuk memberantas fenomena korupsi di seluruh dunia, Parlemen Nasional Timor-Leste telah mengesahkan UU Anti-Korupsi dan sejak itu kita telah membentuk dan mengaktifkan Komisi Anti-Korupsi. Kami juga telah memperkuat Kantor Ombudsman (Provedor de Justica e Direitos Humanos) serta memperkuat wewenang investigasi dari Kejaksaan Agung Timor-Leste.

    Dengan dukungan aktif dari Indonesia, Australia dan AS, kami telah memperkuat polisi nasional Timor-Leste, sehingga memungkinkan mereka bekerja lebih baik dalam mencegah,
    menangkal dan melawan segala bentuk kejahatan terorganisir, mulai dari perbudakan seks sampai penyelundupan manusia, perdagangan narkoba dan pencucian uang. Kami bersyukur
    bahwa tidak ada kejahatan terorganisir aktif di Timor-Leste. Tetapi kami sadar untuk tetap berbuat lebih banyak lagi dalam hal ini sehingga Timor-Leste benar-benar dinyatakan relatif bebas dari tindak pidana korupsi dan kejahatan terorganisir tak akan pernah bisa mendapatkan pijakan di sini.

    DEMOKRASI, HAK ASASI MANUSIA DAN HUBUNGAN INTERNASIONAL.

    Kami bangga dengan apa yang kami capai di tahun-tahun singkat sejak merdeka pada tahun 2002. Kami memiliki demokrasi multi-partai yang dinamis. Hampir 30 persen anggota parlemen terpilih adalah perempuan, dan beberapa wanita Timor-Leste telah menduduki sejumlah posisi kunci di Kementerian portofolio.

    Timor-Leste tampil dengan konstitusi yang sangat liberal dan humanis yang melarang hukuman mati. Kita telah meratifikasi semua perjanjian utama internasional tentang Hak Asasi Manusia dan telah melaporkan kewajiban kami tentang itu. Timor-Leste, menurut wartawan Without Borders, memiliki salah satu media paling bebas untuk wilayah Asia-Pasifik.

    Sejak tegak berdiri sebagai negara merdeka dan berdaulat pada 2002, kami telah melakukan segala upaya untuk menyelaraskan kebijakan luar negeri dan keamanan dengan tetangga
    kami ASEAN. Sebagai contoh, kita mendukung setiap negara anggota ASEAN dalam pencalonan nasional untuk berbagai posisi di PBB dan badan-badan khusus, termasuk program-program khusus, dll. Termasuk kami pun mendukung Singapura dalam hal serupa.

    Kami sangat peka terhadap pandangan tetangga kami tentang isu-isu regional dan global, dan selalu berusaha membuat setiap langkah kami tidak menyimpang dari pandangan ASEAN
    setiap kali ada konsensus yang berhubungan dengan situasi negara anggota tertentu atau masalah tematik yang menjadi pusat perhatian bersama ASEAN.

    Kami bersahabat dan pro aktif dengan semua kekuatan baru yang patut diperhitungkan seperti Cina, India, Afrika Selatan, dan Brazil seraya memelihara hubungan khusus dengan Australia, Selandia Baru, Jepang, Republik Korea, Uni Eropa dan Amerika Serikat, di mana Timor-Leste selalu menikmati dukungan bi-partisan yang kuat.

    Mitra utama kami yang berkesinambungan dalam keamanan adalah Indonesia, Australia, selandia Baru, AS, Jepang dan Portugal. Instruktur Australia dan Portugis melatih tentara dan
    perwira kami; peningkatan perwira muda kami semuanya ditempuh melalui pelatihan di Australia, Indonesia, Jepang dan Portugal.

    Para perwira polisi Timor-Leste telah turut membantu dan saat ini ada yang masih bertugas membantu PBB di Balkan dan Afrika. Dalam tempo dekat ini, sejumlah insinyur militer Timor-Leste akan dikerahkan ke Lebanon sebagai bagian dari satuan teknik tentera Portugis. Puluhan sukarelawan kami akan membantu PBB di Sierra Leone, Liberia, Kongo dan Afghanistan.

    Bagaimanapun miskinnya kami, namun kami telah memberikan bantuan kemanusiaan ke negara-negara kaya maupun miskin yang terkena bencana alam. Kami telah memberikan bantuan tunai kepada korban bencana alam di Indonesia, Myanmar, Cina, Kepulauan Madeira (Portugal), Haiti, Brasil dan Australia, dengan jumlah hampir US $ 5 juta dalam tiga tahun terakhir ini.

    Selama 1 dekade terakhir ini, belum pernah terjadi insiden diplomatik atau masalah keamanan dengan tetangga-tetangga kami. Hubungan dengan Indonesia, tetangga terdekat
    kami, dengan siapa kami berbatasan langsung baik di darat maupun laut, adalah sebuah contoh yang patut diteladani.

    thk u

  92. Orang indonesia yang bilang sebagian negara indonesia menjadi negara sendiri ,bodoh banget sih kamu ! Kamu pikir lah ,dulu menaikkan bendera merah putih harus menumpahkan darah ,masa sekarang seenaknya menjadi negara ,jangan harap ! Tugas dan kewajiban kita adalah menjaga dan mempertahankan Republik Indonesia ,kalau melihat ekonomi ,Timor leste lebih maju saat masih berada dengan indonesia kalau tidak percaya cari aja di google banyak sejarah itu ,sekarang timor leste semakin terbelakang ,coba aja dulu kecurangan referendum itu tidak terjadi pasti kalian sudah maju ,kalian tidak tahu kalau sebenarnya kalian dimerdekakan karena australia ingin menguasai tambang kalian itu ,timor gap

  93. Ternyata Tuhan Yang Maha Kuasa telah menakdirkan kita pernah bersatu dan kita harus berpisah. Berpisah bukan untuk bermusuhan, tapi untuk membangun dunia baru yang penuh kedamaian. Semoga Tuhan yang Maha Kuasa memberikan yang terbaik bagi kita semuanya. Amin.

  94. Wuallaaahhh ngomonmg apa sih semua…Saya orang Indonesia malu liat kalian bisanya jelekin negara lain …udalah biarin aja TL bekerja keras utk memajukan negaranya… Saya dukung TL jadi negara yang maju sehingga setara dengan Indonesia atau lebih maju juga gak papa kok…Peace TL….

  95. sebagai penerus bansa…. saya juga harus belajar sekuat kuatnya agar. sampai saat nanti saya bisa membawa negara tercinta saya.menjadi seperti negara negara yan berkembaan saat ini.
    jovanio mau-bere lemos

    • good luck

  96. saya akui bahwa negara saya juga cukup mempunyai potensi sumberdaya alam.karena itu, saya juga yakin sebentar lagi negara saya akan menjadi super.penghasilan kopi terbanyak di dunia.

  97. Excellent blog here! Additionally your website quite a bit up very fast!
    What web host are you the usage of? Can I get your associate link to your host?
    I wish my site loaded up as fast as yours lol

  98. sebaiknya anda sadar bahwa jika stok pangan ataupun bbm diputuskan dari indonesia saya brani taruhan bahwa timor leste akan collapse jadi jangan anda meremehkan indonesia disini coba anda lihat produk2 makanan yang mungkin anda beli di toko sekitar berasal darimanakah itu coba bayangkan jika itu smua di stop oleh indonesia akan menjadi apa negara TL?

  99. SEMOGA DALAM MASA PEMBELAJARAN NEGARA BARU TIMOR LESTE INI DENGAN HARAPAN TIDAK BEGITU LAMA U/IKUT BERGABUNG DI NEGARA-NEGARA MAJU DALAM MEMBANGUN.KERINDUAN INI AKAN TERJADI SIANG DI ANTARA GENERASI BARU INI DI ABAD KE 22

  100. Sedih disaat Ekonomi Indonesia membaik, TL makin Terpuruk. Banyak warga pedesaan di TL menyesali keputusan untuk merdeka.

    • ya keputusan telah dibuat, biarkan TL berdaulat

  101. Ternyata banyak yah warga TL yang belum tahu kecurangan referendum. Kemerdekaan TL hanyalah salah satu misi Australia. Kalau kita lihat faktanya, negara TL sekarang ini, kian hari kian terpuruk. Sebagai warga Indonesia saya sangat sedih mengetahui hal ini. Yang jelas TL menjadi adalah salah satu korban politik sekelompok orang.

  102. timor sm aj dgn portugal, negara tertinggal & pesakitan. calon failed state

  103. Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai salah satu unsur dalam pembangunan Bangsa dan Negara, tidak dibahas dalam tulisan ini. Sebenarnya Sumber Daya Alam hanyalah salah satu jebakan untuk banyak daerah yang SDM nya tidak siap. Pada Akhirnya daerah seperti itu akan dihisap abis oleh Negara ada kelompok yang lebih kuat. Sayangnya di Timor Leste SDM nya masih sangat rendah dan semua masih terkonsentrasi pada kota Dili saja. Sehingga kalau kita mau melihat dari perbandingan kepada montenegro, maka bisa saya perkirakan masih membutuhkan dua Generasi lagi. Inipun jika Timor Leste rajin dan Strategis. Kalau hanya berkonsentrasi pada perebubutan kekuasaan dan pertikaian antar Golongan/partai seperti karakter keras orang timor leste adanya, maka kesejahteraaan akan tidak pernah dijangkau oleh Timor Leste dan setelah mereka sadar maka Timor Gap Subah habis disedot oleh Australia. Sangat disayangkan.
    KARAKTER SUATU BANGSA MENENTUKAN KEBERHASILAN BANGSA TERSEBUT. HAL INI JUGA TERMASUK INDONESIA.

  104. brother …saya cuman berharap warga TL yang Pro Indonesia yg saat berada di TL , bisa di samakan hak dengan kalian semua yang DI TL , jangan ada diskriminasi terhadap wNI yg saat ini berdagang di sana …….Dan Yang Terakhir …Please Jangan Seperti Negara Serumpun kami Si M@%@%@%@ ……..kalau Kakak Baik dengan kami (WNI) Kami pung bae dgn Kakak ..;peace

  105. beri aku 3pemuda maka akan aku guncang dunia
    #soekarno
    dan jangan smpai RI di ejek dan di cerca ama negara2 yang tdk bertanggung jawabb
    lebih baik MATi atau merdeka dan maju

    • Bagaimana kabar kalian saudaraku …… Sudahkah kalian sejahtera …. Bagaimana pengelolaan SDA kalian … Masihkah australia 80% – 20% timor leste

  106. kekayaan sebuah negara adalah bukan karena alamnya atau harta peninggalan kolonial, tapi adalah kemauan keras dari tiap masyarakatnya untuk mengembangkan diri dan memanfaatkan apa yang ada disekitarnya. banyak negara yang tidak memiliki alam yang indah, sumber daya mineral yang berlimpah tapi tetap maju karena memiliki manusi yang cerdas dan mau bekerja keras…

    Sukses selalu…

  107. Ngimpi ,negara paling miski

  108. saya orang indonesia mendoakan kalian supaya bisa maju dan bisa masuk sebagai anggota asean.. sekedar saran kalian jangan lah selalu mengandalkan sektor pertambangan sebagai modal hidup.. hiduplah dari sektor pajak, pertanian, perikanan, jasa, konsumsi domestik dll percayalah kalau kalian hanya mengandalkan tambang kalian sama saja bunuh diri saat hasil tambang itu habis maka negara yg kalian bangun dgn susah payah tersebut pasti akan colapse…

  109. Thank’s atas pemikirannya, kami berharap TL dan Indonesia akan tetap menjalin hubungan baik dan lebih meningkatakan kerja samanya dalam segala bidang. masa lalu adalah sejarah, masa kini adalah pembagunan dan pencerahan, karena hanya dengan kedamailah, pembangunan itu dapat mencerahkan rakyat penghuni keduan negara. salam hormat selalu

  110. Teman-teman di TL saya orang asli Papua Barat (PB) dari pegunungan tengah mengucapkan selamat berhasil dan berbahagian atas kemerdekaan yang saudara-saudara peroleh dengan hasil usaha keras itu. Selamat memulai hidup baru dan menjadi diri sendiri di atas tanahmu sendiri. kami (TL dan PB) adalah bersal dari satu benua Sahul Land dahulu, kami satu orang melanesia, kami adalah satu budaya dalam ikatan Melanesia.
    Saudara-saudaraku di TL, kami hari ini mengalami 13 tahun lalu yang anda alami bersama negara teroris Indonesia itu. Kami alami kesulitan karena penindasan, perampasan, penangkapan, pembunuhan dan pemerkosaan negara teroris Indonesia. Kami sudah cape, cape dan cape mengurus jenazah orang asli Papua yang dibunuh bagai binatang liar. Air mata kami telas habis untuk menangisi orang mati atas pembunuhan NKRI. Lembaga sudah penuh sesak oleh tahan politik aktivis PB merdeka.
    Kami sekarang membutuhkan uluran tangan, doa dan perhatian anda TL sebagai saudara kami. Karena kami tahu Anda TL telah merasakan apa yang kami rasakan sekarang ini. Tetapi tenaga dan spirit patriotisme kami tetap hidup, kokoh dan bernyala-nyala untuk merebut HAK kami yang sedang diperkosa oleh Indonesia. Rakyat Papua telah angkit untuk selamanya dan merebut HARGA DIRI dan KEDAULATAN kami.
    Saudaraku, TL komentar-komentar Indonesia yang kita baca di sini adalah kolonial yang satu dan sama itu menunjukkan waktak kolonialisme. Watak itu tidak berubah hingga sekarang. Saya ucapkan selamat buat saudara TL untuk menjadi dirimu sendiri melalu pembangunan yang sedangkan dijalan di negara yang baru itu. Anda terus maju dan waktu 10 tahun anda akan meninggalkan pekas kolonial itu 2-3 kali dibelakang. Karena kolonial ini selalu terjabat dalam watak kolonialisme. Kami di Papua lebih buruk dari situasi mana pun. Tetapi satu hal kami yakin bahwa TUHAN YESUS dan nilai kebenaran ada di pihak kami. Viva Timor Leste dan Viva Papua Barat.

  111. Kalian ini ribut aja, tunggu aja, tidak lama lagi TL akan kembali ke NKRI lagi karena ekonomi yang makin terpuruk dan konflik yang makin meningkat. Tunggu aja

  112. Viva Timor Leste,,,,a luta continua vitoria sempre….
    Mesmo agora comecamos em base de economia, mas no futuro obteremos uma melhor qualificacao para dezenvolver a nossa nacao Timor Leste…….

  113. orang TIMOR LESTE memakai baju setelah menjadi bagian dari INDOENSIA..

  114. NAJIS>> NAJIS lebih baik TIMOR TIMUR lepas aja deh,, nyusahin aja.. orang-orang nya pemalas..

  115. halahhh timor-timur apa yang dibanggain dari lo!
    baju lo aja buatan INDONESIA,, baju pegawai negerinya buatan INDONESIA..
    ingat ya jangan sampai membangunkan macan yang sedang tertidur!
    atau lo mau liat lagi XANANA GUSMAO digebukin sama KOPASSUS!!

  116. buat orang TIMOR lebih baik kalian hujat PORTUGIS!!
    gw bilangin sama kalian, saudara gw TNI waktu di masuk ketimor timur. saudara gw itu heran banget, kok orang timor pada BUGIL (alias ga pake baju). usut punya usut ternyata penjajahan portugis sebegitu kejam nya, sehingga membuat orang timor menjadi menjadi sangat miskin sehingga untuk membeli baju pun mereka tidak mampu!! rakyat timor pun tak mengenal uang.
    saya mendengar kesaksian saudara saya itu sangat sedih.. kok ada ya penjajahan yang sekejam itu!!
    jadi kesimpulan dari saya PORTUGAL lebih pantas kalian caci maki ketimbang INDONESIA!!
    ingat pepatah lama “jangan karena nila setitik rusak susu sebelanga”

    • woyyyyy..gomong apa semua?? mari bantu saudara2 kita yg lagi kebanjiran di jakarta dan sekitarnya…..INDO dan TL itu adalah kakak dan adik,,indo mamasokkan bahan pangan ke TL dan TL membayar dengan Dollar,,..kita sama2 untung kan???? itu aja kok repot!!!!!

    • benar sobat kami masih menghargai indonesi sebab 9 bahn pokok semuanya dari indonesia bukn dri porto

  117. Cobalah belajar menyontoh Indonesia banyak kemajuan yg dicapai dlm bidan sospolekhankam,Timor leste tak perlu sungkan2 dg bapak inangnya dulu,toh Indonesia ga pate en lagi masuk ke Timor Leste,kita negeri mantan jajahan Londo pun ga ada masalah,justru perlu ditingkatkan hubungannya tanpa peperangan yg menjengkelkan.Stop saling bermusuhan,jangan tutup pintu kemajuan dan demokrasi.

  118. Saya dari indonesia… Negara saya juga masih giat bangun.. Dan saya doakan semoga Timor leste bisa lebih baik, DAN UNTUK para komentator PROFOKATIF !! Sadarlah ente pada dua duanya sama saja leste-indo! Lebih baik kita saling beri dukungan dari pada Saling cari celah untuk menghujat! Ya Sejarah adalah sejarah biarkan jadi pelajaran dan masalalu tatap kedepan biarkanlah Timor leste berkembang dengan yg dimiliki sekarang! Dan indonesia berkembang dengan yg dimiliki juga! Sama2 saling bersahabat! SADARLAH ! Kita tidak tau.. Siapa disini.. Ada yg murni ada yg menyamar untuk adu domba INDO LESTE!! Salam saya INDONESIA!

  119. Hanya impian sang pemimpi… Peace

  120. timor leste memang banyak sda tetapi korupsi lebih tinggi dri indo bgaimana mau maju

    • Hei Bung Anter Win korupsi dimana-mana bisa terjadi tapi nga seperti kalian punya korupsi dari Pejabat indoesia menyusahkan rakyat yg tinggal di kolam jembatan. liat korupsi yang terjadi di BANK CENTURY HAMBALAT Pokoknya kami di Timor Leste noton di berita aja bosan kami. secara pribadi saya akui bahwa Indonesia memang kaya akan sumberdaya alam yang berlimpah tetapi perlu kalian ketahui bahwa Indonesia juga kaya akan bencana alam yang berlimpah Sunami, Tana Longsor, gunug berapi, banjir kekeringan pokoknya banyak deeeh masalah kalian. lainhalnya lagi sesama agam Islam salaing membunuh saling meneror bom kaya negara yang ada di bagian arab.

  121. Bisa tapi luaama sekali,pengalaman indonesia, sdh 69 th merdeka masih tetap saja bertemgkar dlm negeri sendiri..nah ini kelemahan bangsa didunia ketiga….selamat semoga cepat maju

  122. TIMOR LESTE KALAU MENJADI NEGARA MAJU HARUS MEMBANGUN NEGARA DAN MEMAKMURKAN RAKYATNYA

  123. ada yang membantah jika saya katakan Indonesia menginpor senjata dari Timor Leste?

  124. TIMOR TIMUR adalah daerah yang MISKIN …, maka saat menjadi bagian dari Indonesia .. hampir lebih dari 40 % APBN RI terserap untuk membangun Timor Timur …. SUMBER ALAMNYA SEDIKIT … minyak di Timor Gap hanya sedikit … itupun saat ini ‘di akalin / di licikin’ oleh Australia …

  125. semangatlah terus saudaraku..saya sebagai warga negara indonesia hanya bisa mendoakan timor leste setidaknya menjadi negara yg berkecukupan….amin ya allah…

  126. Saya punya temen hernani fernandes exs bea dan cukai keluar setelah timtim merdeka ,salam untuk temenku ini papa angkatmu menyapa ,gimana nasibmu di timtim sekarang walau kamu beda agama papa sayang kamu salam dari papa di jakarta

  127. ya,,,,,, smoga seluru manusia di dunia ini mendapatkan rasa aman. karna fungsi negara adalah melindungi manusia yang ada di dalamnya

  128. bila kita membahas tentang Timor Leste menjadi negara maju itu terlalu dini, karena perspektif tentang negara berkembang saja baru mengupayakan untuk melihat area mana yang perlu diperioritaskan, setelah itu baru mengidentikasikam pembangunan sebagai upaya meningkatkan pendapatan perkapita atau strategi pertumbuhan ekomomi. Yang jelas membedakam negara maju dengan negara baru berkembamg adalah pendapatan rakyatnya. melalui upaya ini masalah-masalah seperti pengangguran, kemiskinan dan ketimpangan distribusi pendapatan dapat dipecahkan melalui mekanisme ( trickle donw effect). Hal yang perlu diperhatikan adalah indikator keberhasilan pembangunan dilihat dari GNP perkapita, yaitu tinglat pertbuhan GNPdalam harga kostan ( deflasi dengan indeks harga) harus lebih tinggi dibanding tingkat pertumbuhan penduduk. (from Constantino Godinho).


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.