East Timor Profile

Republik Demokratik Timor Timur (disebut Timor Timur atau Timor-Leste atau Timor Lorosa’e) adalah sebuah negara kecil di sebelah utara Australia dan bagian timur pulau Timor. Selain itu wilayah negara ini juga meliputi pulau Kambing atau Atauro, Jaco, dan eksklave Oecussi-Ambeno di Timor Barat.Sebagai sebuah negara sempalan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Timor Timur secara resmi merdeka pada tanggal 20 Mei 2002. Ketika Timor Timur menjadi anggota PBB, mereka memutuskan untuk memakai nama Portugis “Timor-Leste” sebagai nama resmi negara mereka.

Sejarah

  • Abad ke-16: Kedatangan kaum Portugis
  • 1902: Pembagian Timor antara kaum Portugis dan Belanda secara definitif
  • 1975: Timor Timur ditelantarkan Portugal yang dilanda Revolusi Anyelir
  • 1976: Penyatuan dengan Indonesia
  • 1976 – 1980: Perang saudara; konon sekitar 100.000 – 250.000 orang tewas
  • 1991: Insiden Santa Cruz
  • 1999: Referendum pemisahan diri Timor Timur diizinkan presiden B. J. Habibie
  • 1999: Kerusuhan besar-besaran antara pro- dan anti-kemerdekaan dan pengungsian warga Timor Timur
  • 2002: Terbentuknya negara Timor Timur
  • 2006: Sepertiga mantan tentara nasional Timor Timur memberontak menuntut keadilan; pecah konflik antara pihak polisi yang mendukung pemerintah dengan pihak militer

Politik

Kepala Negara Republik Timor Timur adalah seorang presiden, yang dipilih secara langsung dengan dengan masa bakti selama 5 tahun. Meskipun fungsinya hanya seremonial saja, ia juga memiliki hak veto undang-undang. Perdana Menteri dipilih dari pemilihan multi partai dan diangkat/ditunjuk dari partai mayoritas sebuah koalisi mayoritas. Sebagai kepala pemerintahan, Perdana Menteri mengepalai Dewan Menteri atau Kabinet.

Kabinet Pemerintahan Timor Timur:

Parlemen Timor Timur hanya terdiri dari satu kamar saja dan disebut Parlamento Nacional. Anggotanya dipilih untuk masa jabatan selama lima tahun. Jumlah kursi di parlemen antara 52 dan 65 tetapi saat ini berjumlah 65. Undang-Undang Dasar Timor Timur didasarkan konstitusi Portugal.

Angkatan Bersenjata Timor Timur adalah FALINTIL-FDTL (F-FDTL), sedangkan angkatan kepolisiannya adalah PNTL (Polícia Nacional Timor-Leste).

Kabupaten (distrik)

Timor Timur secara administratif dibagi menjadi 13 distrik:

Peta Timor Timur

Nama-nama yang berada di antara tanda kurung adalah ejaan alternatif yang sering dipakai pada masa Integrasi.

Ekonomi

Timor Timur mengharapkan bisa mengeksploitasikan minyak bumi di Celah Timor (Timor Gap), namun sepertinya sulit untuk mendapatkan pendapatan devisa yang besar di Celah Timor karena Australia telah mengiming-imingi Timor Timur dengan pengelolaanya dan Australia mendapatkan hasil eksploitasinya sebesar 80% dan sisanya diberikan ke Timor Timur. Australia juga telah menghalang-halangi Timor Timur untuk dapat menguasai Celah Timor secara penuh, dengan cara mengulur-ulur penyelesaian perbatasan kedua negara.

Walaupun telah merdeka, Timor Timur masih sangat tergantung dengan pasokan barang-barang dari Indonesia mulai dari sembako sampai bahan bakar minyak (BBM) terutama melalui provinsi Nusa Tenggara Timur. Australia pernah mencoba menguasai distribusi barang-barang kebutuhan sehari-hari tapi gagal karena terlalu mahal dan kurang dikenal rakyat Timor Timur. Selain amat tergantung secara politik kepada mantan penjajah Portugal, Timor Timur mengadopsi mata uang dolar Amerika Serikat sebagai mata uang yang mengakibatkan daya beli rakyat jauh menurun dibandingkan ketika masih menjadi provinsi Indonesia.

Pakaian adat Timor Timur

Pakaian adat Timor Timur

Demografi

Pada tahun 2005 penduduk Timor Timur diperkirakan berjumlah 1.040.880 jiwa. Penduduk Timor Timur merupakan campuran antara suku bangsa Melayu dan Papua. Mayoritas penduduk Timor Timur beragama Katolik (90%), diikuti Protestan (5%), Islam (3%), dan sisanya Buddha, Hindu, dan aliran kepercayaan (2%). Karena mayoritas penduduk beragama Katolik, maka kini terdapat dua keuskupan (diosis) yaitu: Diosis Dili dan Diosis Baucau yang meliputi empat distrik bagian timur Timor-Leste

Membaca di Timor-Leste

Membaca di Timor-Leste

Bahasa resmi Timor Timur adalah bahasa Tetun dan bahasa Portugis. Sedangkan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dipilih sebagai bahasa kerja menurut konstitusi Timor Timur.

Bahasa

Sejak kemerdekaan Timor Timur pada tahun 2002, setelah sejak tahun 1999 di bawah pemerintahan transisi PBB, Timor Timur berdasarkan Konstitusi hanya mengakui 2 bahasa nasional yaitu bahasa Tetum dan bahasa Portugis. Di dalam konstitusi disebutkan 2 bahasa yang dijadikan bahasa kerja yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Dalam praktek keseharian, masyarakat banyak menggunakan bahasa Tetum sebagai bahasa ucap. Sementara bahasa Indonesia banyak dipakai untuk menulis. Misalnya anak sekolah di tingkat SMA masih menggunakan bahasa Indonesia untuk ujian akhir. Banyak mahasiswa dan dosen lebih memilih menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dan menulis karangan ilmiah.

20 Komentar

  1. apa yang kalian cari soudaraku,
    kesejah teraan atau kebebasan?

    timtim saat masih bagian dari merah putih
    kalian tidak ditindas tidak pula di brantas,
    kesejahteraan dan kemakmuran terus kami upayakan…

    pilihan melepaskan diri dari NKRI hanya keinginan dan kepentingan elite politik semata, sementara rakyat hanya menjadi alat dan akhirnya menjadi korban

    • Kami orang Timor-Leste mengakui segala kekurangan. kekurangan kami itu secara bertahap akan kami benahi dari tahun ke tahun. Dulu sbelum Timor-Leste melepaskan diri dari Indonesia, kami mendengar komentar2 dari pihak TNI dan masyarakat sipil yang mengatakan Orang Timor jangan mimpi mau merdeka sendiri, bikin korek api aja blum bisah, bikin jarum aja belum bisah. Kenyataannya dunia sudah mengakui TL sebgai sebuah negara yang berdaulat. masalah korek api atau jarum bukan masalah bagi kami. Skarang banyak org indonesia mencari pekerjaan, menjadi buruh kasar untuk TL. meskipun kami negara baru dan masih banyak kekurangan tapi tidak mencari pekerjaan di Indonesia dgn memalsukan dokumen. masalah barang produksi Indonesia beruntung menjadikan TL adalah pasar yang potensial. Kami juga punya SDM yang memadai, tidak lama lagi kami akan memproduksinay sendiri. Indonesia sudah lama merdeka tapi masih mendatangan barang produksi dari negara lain juga. Singkatnya negara manapun di dunia kita harus saling membutuhkan di segala bidang. buktinya tiap2 negara mengirim duta besarnya ke negara lain di belahan dunia. hubungna diplomatik itu menunjukkan bahwa ada kepentingan dinegaran lain. jadi saling berkepentingan.

    • Kami miskin kami terbelakang tapi kami tidak takut untuk maju…kemerdekaan adalah hak segala bangsa…VIVA TIMOR LESTE

    • Pilihan Rakyat Timor Leste untuk merdeka adalah SUARA BULAT itulah pesan dari nenek moyang kami.

  2. kemerdekaan timor leste bukan karena keinginan dan kepentinagan elite politik tetapi itu memang sudah menjadi impian rakyat timor leste sejak lepas dari jajahan portugis………
    maaf sejarah yang anda kutip diatas tidak sesuai dengan sejarah sebenarnya yang timor leste alami selama ini……….sekian banyak saudara2 kami meninggal dan di tindas…buktinya anda sendiri tidak tahu berapa orang yang ditindas dan dibunuh selama jajahan indonesia……..
    dan 1 hal yang ingin saya sampaikan bahwa: Timor leste telah merdeka pada tanggal 28 november 1975…dan portugis telah memberikan kebebasan untuk Timor leste,,,,dan saat itu pula kami sudah menjadi sebuah negara namun hanya diakui oleh 1 atau 2 negara…..karena diakui bahwa Timor Leste saat itu masih menganut ajaran komunis….dari itulah america mengutuskan indonesia untuk datang dan menjajah timor leste…..

    dan 1 hal lagi bahwa kami tidak pernah mimpi untuk menyatu dengan NKRI,,,bukti nyata bahwa,saat invasinya Indonesia ke Timor Leste pasukan kami melakukan perlawanan terhadap militer indonesia,itu artinya bahwa kami tidak menerima kedatangan timor leste….namun seiring berjalannya waktu ada rakyat timor leste yang ingin bergabung dengan dengan NKRI tapi biasalah itu merupakan politik dari suatu negara untuk menjajah………

    • masih banyak yang harus disediakan untuk membahas tentang opini anda….

      • dan akhir America memperalat Indonesia untuk memerdekakan Timor Leste..sebuah taktik yg dibuat oleh amerika sama negara kami TL..

  3. Kepada temanku Maubere dan warga negara atau pemerintahan Timor Leste ataupun Fretelin.

    Salam persahabatan.

    Tidak sedikit tulisan saya baca tentang kemerdekaan Timor Leste. Namun saya merasa “miskin” karena informasi yang diterima, kebanyakan berasal dari luar Timor Leste. Terkait dengan itu, apakah anda berkenan memberikan pendapat tentang hal berikut ini:

    Bagaimana pendapat anda tentang:
    1. Kemerdekaan Timor Leste dari pendudukan Indonesia?
    2. Kebangkitan bangsa Timor Leste?

    Jawaban anda, di blog ini, akan saya tampilkan di blog saya. Atau anda bisa langsung menjawabnya di blog saya.

    Indonesia memiliki istilah dalam penulisan sejarah begini: “point of view” artinya sejarah yang dipaparkan berdasarkan sisi pandang, orang dalam, dari orang Indonesia. Jadi, berbeda pandangan bila melukiskan Timor Leste. Sudikan anda menuliskan “point of view” tentang 2 pertanyaan di atas ?

    • biarkanlah orang lain yang menilai bagaimana diri kita ini, jikalau kita yang bercerita tentang diri kita sendriri maka yang akan kita ceritakan itu yang baik-baik saja, dan bahkan cendrung menyalahkan orang lain.

    • Sayasedikit tertarik dengan 2 pertanyaan di atas dan saya mencoba menjawab sesuai pandangan saya.

      1. Kemerdekaan Timor-Leste dr pendudukan Indonesia.
      Menurut pandangan saya, salah satu Kemerdekaan TL dr NKRI adalah kebebasan dan penentuan nasib sendiri. Kebebasan dalam tanda kutip bahwa TL tidak lagi tertekan ataupun mendapatkan penindasan seperti yang banyak diceritakan dalam sejarah TL. Penentuan nasib sendiri dalam artian bahwa apapun konsekuensi yang didptkan dr hasil kemerdekaan tersebut merupakan tanggung jawab seluruh warga negaranya untuk mempertahankan kedaulatan negara tersebut serta berusaha dan bekerja keras untuk membangun negara tersebut dari masalah kemiskinan, pendidikan, pemberantasan buta huruf, pengangguran, pengurangan angka kematian dan lain sebagainya.

      TL masih harus bekerja lebih keras lg untuk pembangunan negara tersebut, warga TL harus merefleksikan kata Merdeka itu sendiri. Merdeka bukan berarti tidak saling membutuhkan. Masih banyak yang perlu dilakukan TL baik untuk pembangunan fisik maupun nonfisik. Seperti pembangunan pada sektor infrastruktur, jalan raya, pendidikan, kesehatan, pariwisata, penetapan batsa laut, darat dan udara antara TL, Indonesiamdan Australia. Pada kesempatan lain, TL masih harus mendapatkan kapasitas dan pengembangan SDMnya sendiri, baik itu secara personal maupun institusional.

      Secara de facto TL telah merdeka dan berpisah dari NKRI pada jajak pendapat tahun 1999. Namun, kita juga tidak bisa mengelak bahwa TL berada diantara Indonesia dan Australia.

      Seacara budaya : Masyarakat TL dan Indonesia hampir memiliki budaya yang sama khususnya dengan Provinsi NTT yang berbatsan langsung dengan Distrik Maliana dan salah satu wilayah TL yang berada di wilayah Indonesia yaitu Distrik Oecusse yang berbatasan dengan wini, TTU.

      Secara ekonomi : TL masih sangat tergantung kepada Indonesia khususnya kebutuhan pokok seperti makanan, bahan bangunan dan BBM, walaupun dalam tanda kutip TL kaya akan sumber daya alam dan mineral. Hal tersebut kembali lg karena masalah keterbatasan SDM.

      Saya sebagai salah satu warga negara TL sangat berterima kasih atas dukungan dari developing partners, seperti Australia, Amerika, Brasil, Cuba, Cina, Jepang, Korea Selatan, Portugal, Uni Eropa, serta negara ASEAN seperti Malaysia, Singapura, Thailand termasuk Indonesia yang telah ikut memberikan bantuan dan dukungan berupa program yang diberikan untuk proses pembangunan TL.

      Demikian semoga bermanfaat dan berkenan.

  4. Penting juga melihat ‘point of view’ dari dunia internasional lainnya selain dari ‘point of view’ Indonesia dan Timor Leste sendiri.

  5. saya mau mengirimkan sejarah adat timor leste

    • Kirimkan aja ke email saya asdon86@yahoo.com. nanti saya masukin artikelnya ke blog saya, makasih sebelumnya.

  6. kami menganggap timor leste sebagai BIG BROTHER , dan negara negara di dunia harus bersatu supaya tidak ada lagi perperangan , dan negara negara di dunia harus menciptakan perdamaian dunia yang sesungguh nya ingatlah kita semua adalah saudara , lupakan semua perbedaan dan ciptakan perdamaian.,., !!!!!

    timor leste us perceive Indonesia as brothers, and the state of the world must unite, so that no more war and bloodshed, and the state of the world should create its real peace, and remember is we are all brothers, we are all in the world is brothers, and let’s create a real peace it .. !!

  7. kami indonesia menanggap timor leste sebagai saudara , dan negara negara di dunia harus bersatu, supaya tidak ada lagi perang dan pertumpahan darah, dan negara negara di dunia harus menciptakan perdamaian yang sesungguh nya, dan ingat lah kita semua adalah bersaudara , kita semua di dunia adalah saudara , dan mari kita ciptakan perdamaian yang sesungguh nya .. !!!!

    timor leste us perceive Indonesia as brothers, and the state of the world must unite, so that no more war and bloodshed, and the state of the world should create its real peace, and remember is we are all brothers, we are all in the world is brothers, and let’s create a real peace it .. !!

  8. HEHE….YANG DITANYAIN APA YG DIJAWAB APA????????

  9. apa nama mata uang timor leste

    • Centavos yang sama nilai tukarnya dengan mata uang AS. Sampai saat ini baru terdapat 1, 5, 25 dan 50 centavos.

  10. timor leste, kami semua rakyat indonesia sayang kepadamu…
    tapi…
    mengapa engkau menghianati ketulusan hati kami?….

    • Invasi ilegal, Kebusukan, kerakusan, penindasan, pembunuhan, pemerkosaan, pembakaran, perampasan, serta kebohongan public yang Indonesia buat dan Indonesia Ciptakan itu lah yang membuat Masyarakat Timor-Leste lebih memilih untuk menjadi sebuah negara merdeka. Dan Sekarang banyak sekali tenaga kerja ilegal dari Indonesia yang bekerja sebagai kuli bangunan di Timor-Leste. Timor-Leste tetap sayang sama Masyarakat Indonesia. Sebab kasih itu lemah lembut….kasih itu murah hati….dan kasih itu memaafkan. Sekian yang bisa saya sampaikan.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.