Sejarah Keterlibatan dalam organisasi internasional

Waktu masih dalam negara Republik Indonesia, Timor Leste banyak terlibat dalam berbagai organisasi baik di kawasan atau di dunia. begitu juga setelah menjadi negara sendiri, Timor Leste berusaha untuk terlibat atau setidaknya menjadi observer dalam berbagai organisasi yang ada sebagai salah satu politik luar negerinya dan untuk memenuhi kepentingan nasionalnya, awal dari keterlibatan Timor Leste dengan organisasi internasional mungkin kita bisa lihat dari proses Timor Leste untuk memisahkan diri dari Indonesia. Staf PBB mulai mendarat di Timor-Leste pada akhir bulan Mei 1999, untuk membentuk Misi Perserikatan Bangsa di Timor-Leste (UNAMET). Dengan tujuan untuk membantu penyelenggaraan referendum.

Dan pada tanggal 25 Oktober Dewan Keamanan PBB membentuk Pemerintahan Transisi PBB atau UNTAET (United Nations Transitional Administration for East Timor), yang dipimpin oleh Sérgio Vieira de Mello yang tugas menangani krisis kemanusiaan dan membangun kembali negara Timor-Leste yang tercabik-cabik, setelah berhasil menjadi negara merdeka, timor Leste menjadi anggota PBB. Untuk memperlihatkan eksistensinya sebagai sebuah negara, Timor Leste menggalang kerjasama dengan organisasi internasional lainnya seperti ASEAN (Association of Southeast Asian Nations), walaupun Timor Leste adalah negara satu-satunya di Asia Tenggara yang belum menjadi anggota ASEAN, dan masih mempunyai status sebagai observer, tetapi Timor Leste berusaha ikut andil dalam berbagai program yang dilakukan oleh ASEAN. Dan merupakan anggota potensial dalam East Asia Summit.

Timor Leste juga ikut terlibat dalam organisasi-organisasi seperti IBRD, IMF, UN, Asian Development Bank, Non-Aligned Movement, CPLP. ACP, ADB, ARF, CPLP, FAO, G-77, IBRD, ICAO, ICCt, IDA, IFAD, IFC, IFRCS, ILO, IMF, IMO, Interpol, IOC, MIGA, NAM, OPCW, PIF (observer), UN, UNCTAD, UNESCO, UNIDO, Union Latina, UNWTO, UPU, WCO, dan WHO. Timor Leste juga mempunyai status sebagai oberver dalam Pacific Islands Forum, tetapi belum memperoleh keanggotaan dalam organisasi tersebut.

4 Komentar

  1. bagus banget ini akan memotifasi banyak mahasiswa,khususnya Timor oan,,,thx
    aku mau tanya,punya artikel mengenai sejarah masuknya TL dalam ARF,faktor apa yang mendorong TL masuk dalam ARF,.thx klo ada mohon krm aja ke emailku

    • yup… lagian TL juga harus gerak cepat mencari kawan dalam berdiplomasi, sehingga TL cepat berkembang dan mjd salah satu negara yang namanya terus disebutkan di dunia…

  2. Nice post. I was checking constantly this weblog and I am impressed!
    Extremely helpful info specifically the last section :) I care for
    such info much. I was looking for this certain info for a very long time.

    Thanks and good luck.

  3. Ok sejarah masuk anggota PBB yg di pimpin oleh Ian Martin dgn sukses menyelenggarakan REFERENDUN mulai tanggal berapa sampai tangga berapa. Team khusu yg datang pertama kali membuka cabang PBB di dekat areia Matadouru itu siapa saja. please respon.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.