Ideologi

Timor Leste mendeklarasikan ideologi mereka sebagai ideologi Demokrasi mungkin karena kemerdekaan Timor Leste di bantu oleh Ausralia dan Amerika sebagai kampiun Demokrasi, ideologi demokrasi ini yang menjadi panutan mereka untuk membentuk pemerintahan dan konstitusinya
Demokrasi adalah bentuk atau mekanisme sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat (kekuasaan warganegara) atas negara untuk dijalankan oleh pemerintah negara tersebut.

Salah satu pilar demokrasi adalah prinsip trias politica yang membagi ketiga kekuasaan politik negara (eksekutif, yudikatif dan legislatif) untuk diwujudkan dalam tiga jenis lembaga negara yang saling lepas (independen) dan berada dalam peringkat yg sejajar satu sama lain. Kesejajaran dan independensi ketiga jenis lembaga negara ini diperlukan agar ketiga lembaga negara ini bisa saling mengawasi dan saling mengontrol berdasarkan prinsip checks and balances.

Ketiga jenis lembaga-lembaga negara tersebut adalah lembaga-lembaga pemerintah yang memiliki kewenangan untuk mewujudkan dan melaksanakan kewenangan eksekutif, lembaga-lembaga pengadilan yang berwenang menyelenggarakan kekuasaan judikatif dan lembaga-lembaga perwakilan rakyat (DPR, untuk Indonesia) yang memiliki kewenangan menjalankan kekuasaan legislatif. Di bawah sistem ini, keputusan legislatif dibuat oleh masyarakat atau oleh wakil yang wajib bekerja dan bertindak sesuai aspirasi masyarakat yang diwakilinya (konstituen) dan yang memilihnya melalui proses pemilihan umum legislatif, selain sesuai hukum dan peraturan.

Selain pemilihan umum legislatif, banyak keputusan atau hasil-hasil penting, misalnya pemilihan presiden suatu negara, diperoleh melalui pemilihan umum. Pemilihan umum tidak wajib atau tidak mesti diikuti oleh seluruh warganegara, namun oleh sebagian warga yang berhak dan secara sukarela mengikuti pemilihan umum. Sebagai tambahan, tidak semua warga negara berhak untuk memilih (mempunyai hak pilih).

Kedaulatan rakyat yang dimaksud di sini bukan dalam arti hanya kedaulatan memilih presiden atau anggota-anggota parlemen secara langsung, tetapi dalam arti yang lebih luas. Suatu pemilihan presiden atau anggota-anggota parlemen secara langsung tidak menjamin negara tersebut sebagai negara demokrasi sebab kedaulatan rakyat memilih sendiri secara langsung presiden hanyalah sedikit dari sekian banyak kedaulatan rakyat. Walapun perannya dalam sistem demokrasi tidak besar, suatu pemilihan umum sering dijuluki pesta demokrasi. Ini adalah akibat cara berpikir lama dari sebagian masyarakat yang masih terlalu tinggi meletakkan tokoh idola, bukan sistem pemerintahan yang bagus, sebagai tokoh impian ratu adil. Padahal sebaik apa pun seorang pemimpin negara, masa hidupnya akan jauh lebih pendek daripada masa hidup suatu sistem yang sudah teruji mampu membangun negara. Banyak negara demokrasi hanya memberikan hak pilih kepada warga yang telah melewati umur tertentu, misalnya umur 18 tahun, dan yang tak memliki catatan kriminal (misal, narapidana atau bekas narapidana).
Kepala Negara Republik Timor Timur adalah seorang presiden, yang dipilih secara langsung dengan dengan masa bakti selama 5 tahun. Meskipun fungsinya hanya seremonial saja, ia juga memiliki hak veto undang-undang. Perdana Menteri dipilih dari pemilihan multi partai dan diangkat/ditunjuk dari partai mayoritas sebuah koalisi mayoritas. Sebagai kepala pemerintahan, Perdana Menteri mengepalai Dewan Menteri atau Kabinet.

Kabinet Pemerintahan Timor Timur:

* Kabinet 1975
* Kabinet Pemerintah Konstitusional Pertama (Primeiro Governo Constitucional)
* Kabinet Pemerintah Konstitusional Kedua (Segundo Governo Constitucional)
* Kabinet Pemerintah Konstitusional Ketiga (Terceiro Governo Constitucional)
* Kabinet Pemerintah Konstitusional Keempat (Quarto Governo Constitucional)

Parlemen Timor Timur hanya terdiri dari satu kamar saja dan disebut Parlamento Nacional. Anggotanya dipilih untuk masa jabatan selama lima tahun. Jumlah kursi di parlemen antara 52 dan 65 tetapi saat ini berjumlah 65. Undang-Undang Dasar Timor Timur didasarkan konstitusi Portugal.

Angkatan Bersenjata Timor Timur adalah FALINTIL-FDTL (F-FDTL), sedangkan angkatan kepolisiannya adalah PNTL (Polícia Nacional Timor-Leste).

11 Komentar

  1. HELLOO

  2. mantap…

  3. demokrasi……itu lah yang membuat RDTL tidak maju.

  4. aku cuman tanya pertanyaan buat comentya Michael isaqcobe? apa maksud anda mengatakan bahwa democrasi itu yang membuat RDTL tidak maju,,,,bisa di jelaskan…..

  5. sebagai generasi baru. saya juga mengiginkan bahwa. sistem demokrasi yang berjalan di negara saya ini. meman ada baiknya juga pula ada buruknya.karena apa saya bilang begitu……………….?????????????????? masyarakat TL belum tau apa itu demokrasi yang sebenarnya.dan mereka mengunakan demokrasi itu sesuka mereka………..(resiko tangun sendiri) hahahahahahahahahahaha……………………

  6. tungu balasan

  7. kalo pelaksanaanya gimana ya ?

  8. Salah! Ideologi Timor Leste adalah komunisme. Gak ada yg namanya ideologi demokrasi. AS & Australia itu ideologinya liberalisme. Anda pernah belajar PPKn gak sih?

    • sdr.Mozes komentar anda tentang Timor Leste adalah komunis itu menunjukan kebodohan anda, mana mungkin sebuah negara beragama bahkan salah satu agama menjadi maioritas bisa dikatakan berideologi komunis……camkan itu jika anda seorang intelek.

  9. Demokrasi memenag demokrasi tapi jangan berbuat sesuka kamu, nanti bisa bahaya bagi diri kamu,,,.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Kalender

    • Desember 2016
      S S R K J S M
      « Feb    
       1234
      567891011
      12131415161718
      19202122232425
      262728293031  
  • Cari